Panggilan atau Sebutan Anggota Keluarga Dalam Bahasa Korea

Panggilan atau Sebutan Anggota Keluarga Dalam Bahasa Korea-Keluarga dalam bahasa Korea ditulis 가적 yang dibaca gachok. Anggota keluarga dimanapun berada umumnya sama. Namun, sama halnya dengan keluarga di seluruh dunia, ada anggota keluarga yang lengkap ada juga yang tidak. Ada keluarga yang anggotanya banyak sehingga dapat dibilang keluarga besar dan ada pula yang anggotanya sedikit jadi sering kali disebut keluarga kecil. Keluarga kecil umumnya hanya terdiri dari ayah, ibu dan anak tetapi keluarga besar terdiri dari, ayah, ibu, anak yang jumlahnya juga bukan satu orang, kakek nenek, paman bibi, dan lain – lain. Nah kali ini, aku mau berbagi kosa kata atau informasi mengenai sebutan atau panggulan anggota keluarga tersebut dalam bahasa Korea tentunya. Ini salah satu kosa kata yang sering sekali digunakan di dalam percakapan sehari – hari apa lagi kalau kamu sering nonton drama Korea, pasti sering banget dengar kosa kata yang mau aku bagi kali ini. langsung aja yuk kita mulai. 


Sebelum mulai, supaya ga bingung aku mau kasih dua kondisi atau keadaan dulu agar lebih mudah dipahami. Untuk keadaan yang pertama ini aku akan menjadi seorang anak perempuan sehingga : 
Kakek dari ayah   : 하라버지 yang dibaca Haraboji
Nenek dari ayah   : 할머니 yang dibaca Halmoni
Kakek dari ibu     : 외하라버지 yang dibaca Weharaboji
Nenek dari ibu     : 외할머니 yang dibaca Wehalmoni
Ayah                    : 아버지/압바 yang dibaca Aboji/Appa
Ibu                       : 엄머니/엄마 yang dibaca Eomeoni/Eomma
Kakak laki – laki  : 오빠 yang dibaca Oppa
Kakak perempuan : 언니 yang dibaca Eonni
Saya (Perempuan) : 나 yang dibaca Na
Adik laki – laki      : 남동생 yang dibaca Namdongseng
Untuk keadaan yang kedua ini aku akan menjadi seorang anak laki – laki sehingga :
Panggilan kakek sampai ibu sama seperti keadaan yang pertama.
Kakak laki – laki    : 형 yang dibaca Hyeong
Kakak perempuan : 누나 yang dibaca Nuna
Saya (laki - laki)    : 나 yang dibaca Na
Adik perempuan    : 여동생 yang dibaca yeodongseng
Ada lagi nih tambahannya ^^
Sepupu                  : 사촌 yang dibaca Sachon
Keponakan            : 조카 yang dibaca Chokha
Paman (termuda)    : 삼촌 yang dibaca Samchon
Bibi                        : 이모 yang dibaca Imo
Kosa kata yang udah aku tulis ini merupakan kosa kata yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Meskipun masih banyak lagi yang lainnya. Nanti aku akan posting lagi deh di lain waktu. Selamat belajar ya chinggu…Annyeong!
Dibaca :
1 Akhiran Kalimat: Bentuk Kalimat Future (Rencana) dalam Bahasa Korea
2 Tata Bahasa Korea : Partikel atau Imbuhan yang Menunjukkan Keterangan Tempat atau Posisi
3 Partikel dalam Bahasa Korea : Buto & Kkaji
4 Kata Sambung Go dalam Kalimat Berbahasa Korea
5 Kosa Kata Iklim Dan Cuaca dalam Bahasa Korea
Previous
Next Post »