Resep Masakan Korea : Kimchi Jjigae

Resep Masakan Korea : Kimchi Jjigae-Korea selatan selain terkenal dengan gingsengnya juga dikenal karena kimchi, kimchi memang merupakan suatu makanan khas yang mereka miliki dan kimchi merupakan makanan yang selalu tersedia di setiap rumah baik itu untuk makan pagi, siang maupun mala, orang – orang Korea sangat menyukai kimchi. Sebelum aku kasih tau resep kimchi jjigae akan lebih baik kalau kalian semua tau apa itu kimchi. Kimchi bisa dibuatt dari beberapa sayuran tetapi kimchi yang paling umum itu dibuat dari sawi putih yang difermentasi, sebelum difermentasi kimchi akan dibumbui dengan campuran beberapa bahan mulai dari garam, bubuk cabai, seafood, daun bawang dan lain – lain, rasa kimchi sangat tergantung dari campuran bumbu – bumbu tersebut dan juga lama fermentasinya, bagi orang Korea semakin lama difermentasi menurut mereka semakin enak. Tapi menurutku sih sama aja ya,, heheheh. Menu masakan yang satu ini, mungkin termasuk menu masakan yang paling sering disajikan di setiap rumah, mungkin karena bahan yang dibutuhkan selalu ada di rumah dan mudah juga cara membuatnya. 
belajar makanan korea, belajar masakan korea, cara membuat kimchi jjigae, kimchi jjigae, makanan korea, masakan korea, masakan tradisional korea, resep kimchi jjigae, resep makanan korea, resep masakan korea

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat kimchi jjigae seperti berikut ini :
· Kimchi sebanyak 500 gram, potong – potong sesuai selera
· Daging sapi sebanyak 300 gram, rendam dengan air dingin lalu tiriskan, iris ke ukuran yang diinginkan
· Air sebanyak 3-4 gelas
· Bubuk cabai atau gochugaru sebanyak 1-2 sendok makan (sesuai selera)
· Garam secukupnya
· Daun bawang sebanyak 1 batang, diiris tipis menyerong
· Tofu atau tahu sebanyak 200 gram, potong – potong dadu
Langkah – langkah dalam pembuatan kimchi jjigae seperti di bawah ini :
· Siapkan panci lalu nyalakan api sedang dan kemudian masukkan irisan kimchi ke dalamnya aduk – aduk bentar sekitar 2 menit setelah itu baru tambahkan air sebanyak 3 gelas ke dalamnya.
· Selanjutnya masukkan bubuk cabai lalu sambil diaduk – aduk, biarkan mendidih.
· Berikutnya masukkan daging sapid an garam ke dalamnya, masak selam 30 menit dengan api besar, lalu masukkan potongan tofu dan daun bawang ke dalamnya, masak lagi sampai mendidih, setelah itu matikan api dan kimchi jjigae siap dihidangkan dan dinikmati bersama dengan nasi hangat tentunya.

Baca juga :


Previous
Next Post »