Nasi dengan Udang Pakcoy “Shrimp Pakcoy Deopbap”

Nasi dengan Udang Pakcoy “Shrimp Pakkcoy Deopbap-Menu masakan yang satu ini dalam bahasa Korea disebut 새우 청경채 덮밥, SaeWu CheongGyeongChae DeopBap. Kali ini aku mau kasih resep kreasi deopbap, seperti deopbap sebelumnya berisi nasi yang disiram dengan tumisan berbeda. Nah untuk kali ini aku mau gunakan udang dan pakcoy. Pasti jadi penasaran gimana rasanya. Kalau makanan orang – orang Cina tuh kayak capcay kali ya dan memang dimakan dengan nasi. Ciri masakan ini tidaklah pedas dan berlemak karena masakan ini relative ringan dan sangat sehat, selain berisi lauk pauk juga ada sayuran dari pakcoynya. Sebenarnya pakcoynya ini bisa diganti juga dengan caisim atau baby kalian dan lain – lain. Terkadang juga kalau tidak ada udang kita bisa menggantinya dengan seafood lain atau daging ayam minsalnya, disesuaikan saja dengan persediaan bahan yang ada di rumah masing – masing. 
belajar makanan korea, belajar masakan korea, cara membuat deopbap, deopbap, makanan korea, masakan korea, resep makanan korea, resep masakan korea, resep udang pakcoy deopbap

Bahan – bahan utama yang digunakan untuk membuat udang pakcoy deopbap ini seperti berikut :
· Pakcoy atau baby kalian sebanyak 500 gram, iris dan cuci sampai bersih
· Udang sebanyak 20 biji, kupas kulit dan buang kepalanya
· Bawang Bombay sebanyak 1 buah, iris tipis
· Paprika hijau sebanyak ½ buah, iris tipis korek api
· Paprika merah sebanyak ½ buah, idem seperti paprika hijau
· Bawang putih seabnyak 3 siung besar, diiris tipis atau dicincang halus
· Larutan maizena (1 sendok makan tepung maizena dicampur dengan 3 sendok makan air)
· Garam secukupnya
· Bubuk lada hitam atau merica secukupnya
· Saus tiram sebanyak 2 sendok makan
· Biji wijen
· Minyak goreng 

belajar makanan korea, belajar masakan korea, cara membuat deopbap, deopbap, makanan korea, masakan korea, resep makanan korea, resep masakan korea, resep udang pakcoy deopbap

Langkah – langkah pembuatan udang pakcoy deopbap seperti di bawah ini :
· Pertama masak air hingga mendidih lalu tamabhkan garam secukupnya dan masukkan irisan pakcoy atau babay kalian ke dalamnya, biarkan selama 30 detik (jangan terlalu lama nanti teksturnya terlalu lembek) setelahnya baru diangkat lalu siram dengan air dingin dan ditiriskan.
· Selanjutnya panaskan pan penggorengan lalu beri sedikit minyak setelah panas masukkan bawang putih cincang ke dalamnya, tumis hingga wangi. Berikutnya masukkan bawang Bombay, udang, irisan paprika merah dan hijau juga pakcoy ke dalamnya, masak selama kurang lebih 3 menit sambil diaduk – aduk dengan api besar.
· Lalu beri saus tiram, garam dan merica bubuk, aduk sampai semuanya tercampur rata. Terakhir masukkan larutan maizena ke dalam pan tersebut masak sampai tekstur kuahnya mengental, jangan lupa taburi biji wijen dengan begitu udang pakcoy siap dihidangkan dan dinikmati.

Baca juga :
Previous
Next Post »