Jajanan Popular di Korea : 호떡, HoTteok

Jajanan Popular di Korea : 호떡 Hotteok-Bicara mengenai jajanan atau snack asal Korea memang ga ada habisnya. Kreasi atau ragam makanannya memang sangat berbeda dengan kita di Indonesia. Secara iklimnya saja berbeda jadi beberapa bahan makanan yang mereka gunakan cukup berbeda dengan kita. Tetapi ada juga yang sama dengan kita. Nah kali ini aku mau buat salah satu snack tradisional khas Korea yang cukup terkenal dan rasanya enak tentunya. Snack yang satu ini terbuat dari tepung dengan isian dari kacang. Langsung aja yuk kita lihat resepnya. Oiya dengan resep ini kita akan mendapatkan 16 buah hotteok lho. 
Bahan – bahan yang dipergunakan untuk membuat hotteok seperti berikut ini :
· Tepung terigu sebanyak 3 gelas
· Air hangat sebanyak ½ gelas
· Ragi sebanyak ½ sendok makan
· Gula pasir sebanyak ½ sendok makan
· Susu bubuk seabnyak 1 gelas
· Garam sebanyak ½ sendok makan 
Bahan – bahan isiannya seperti di bawah ini :
· Gula merah sebanyak ¼ gelas
· Gula putih sebanyak ¼ delas
· Kacang tanah yang dihaluskan kasar sebanyak 2 sendok makan
· Cinnamon yang dihaluskan sebanyak ½ sendok teh
Langkah – langkah pembuatan hotteok seperti ini :
· Siapkan mangkok kecil lalu masukkan air hangat ke dalamnya berikutnya masukkan pula ragi dan gula putih, diamkan di tempat yang hangat selama 5 menitan. Sambil menunggu itu, siapkan mangkok besar lalu masukan tepung terigu dan susu bubuk ke dalamnya, setelah itu masukkan campuran ragi dan gula yang sudah didiamkan selama 5 menit tadi bersama dengan garam. Campurkan semua bahan jadi satu sampai rata dan membentuk adonan yang kalis. Diamkan adonan roti tersebut dengan ditutup dengan plastic di dalam oven selama 3 jam (hanya nyalakan lampunya saja. Setelah itu maka ukuran adonannya akan menjadi 2 kali lipatnya. Sisihkan.
· Sambil menunggu adonan roti, buat isiannya dengan mencampur gula merah, dula putih, kacang tanah dan juga cinnamon menjadi satu. Sisihkan.
· Untuk membuat hotteoknya, baluri tangan dengan sedikit minyak sayur lalu ambil sedikit adonan (seukuran bola kecil) lalu dibulatkan dan kemudian dipipihkan selanjutnya ambil satu sendok isiannya lalu letakkan ditengah adonan dan tutup sampai semua isiannya tertutup adonan. Lakukan sampai semua adonan dan isian habis.
· Lalu panaskan minyak di pan penggorengan. Dengan menggunakan api sedang letakkan bola – bola adonan yang telah diisi kacang tadi di pan penggorengan, biarkan sekitar 10 detik lalu dibalik kemudian sambil ditekan – tekan dengan spatula, goreng sampai kedua sisi berwarna coklat keemasan. Setelah itu angkat dan tiriskan. Dengan ini hotteok siap dinikmati selagi hangat. Selamat mencoba chinggu…^^ 

Baca juga :
1 Makanan Korea : Jjam Ppong atau Mie Kuah Pedas Isi Seafood
2 Jjolmyeon, Kreasi Mie Pedas Korea (Korean Spicy Chewy Noodles)
3 Resep Jjajangmyeon atau Korean Black Bean Noodle
4 Resep Kimbab
5 Korean Curry Rice atau Nasi Kare Ala Korea yang Enak
6 Bibim Mandu
7 Rabokki atau Ramen Tteokpokki
Previous
Next Post »