Masakan Korea : Mapa Tofu Dengan Korean Style

Masakan Korea : Mapa Tofu Dengan Korean Style-Sajian yang satu ini sebenarnya berasal dari Tiongkok namun saat ini restoran – restoran Cina di Korea banyak sekali yang menyajikan menu masakan ini dan terbukti banyak sekali orang – orang Korea yang menikmati dan menyukai masakan mapo tofu ini. pada dasarnya masakan ini kaya akan rasa pedas, asin dan sedikit manis karena merupakan perpaduan dari doenjang (fermentasi kacang), gochugaru (bubuk cabai) dan gochujang (pasta cabai). Bahan utama dan dasar yang digunakan untuk membuat mapo tofu ini adalah tofu tetapi tofu yang memiliki tekstur yang lebih kokoh bukan yang terlalu lunak. Kalau di Indonesia kita gunakan saja tahu tetapi tahu yang lembut yak arena di Indonesia malah sebagian besar tahunya keras tetapi rasanya kurang enak jadi carilah tahu yang lembut dan rasanya enak. Untuk memasak mapo tofu ini sangatlah mudah karena hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menitan. Langsung aja yuk kita lihat resepnya. 
belajar makanan korea, belajar masakan korea, cara membuat mapo tofu, makanan korea, mapo tofu, masakan korea, resep makanan korea, resep mapo tofu, resep masakan korea

Bahan – bahan yang dipergunakan untuk membuat mapa tofu ini seperti berikut :
· Tofu atau tahu lembut sebanyak 8 buah, dipotong dadu (jangan terlalu kecil)
· Daging sapi sebanyak 200 gram, cincang halus
· Bawang Bombay sebanyak 1 buah, iris tipis
· Daun bawang sebanyak 2 batang. Iris – iris ukuran 1 cm
· Bawang putih cincang sebanyak 1 sendok makan
· Paprika/Cabai hijau besar sebanyak 1 buah, iris – iris tipis
· Paprika/Cabai merah besar sebanyak 1 buah, iris tipis
· Minyak sayur sebanyak 2 sendok makan
· Gochugaru atau bubuk cabai sebanyak 1 sendok makan
· Soy sauce sebanyak 2 sendok makan
· Doenjang sebanyak 1 sendok makan
· Gula putih sebanyak 1 sendok teh
· Air putih sebanyak ½ gelas
· Minyak wijen sebanyak 2 sendok teh
· Tepung maizena sebanyak 1 sendok makan dicampur dengan 2 sendok makan air putih

Langkah – langkah pembuatan mapa tofu seperti di bawah ini :
· Mempersiapkan semua bahan dengan baik.
· Siapkan pan penggorengan lalu panaskan minyak sayur dengan api sedang kemudian masukkan bawang Bombay, bawang putih lalu daun bawang dan berikutnya masukkan juga bubuk cabai, aduk – aduk sampai layu sekitar 2 – 3 menitan.
· Selanjutnya masukkan pula daging sapi cincang ke dalam pan penggorengan tersebut, aduk – aduk selama 2 – 3 menit pula sampai warna dagingnya berubah. Setelah itu tambahkan lagi soy sauce, dwenjang, gochujang dan juga gula putih, aduk – aduk sampai semuanya sampai tercampur rata. Berikutnya masukkan pula irisan paprika atau cabai merah dan cabai hijau ke dalam pan tersebut, aduk lagi sampai layu.
· Berikutnya tambahkan air putih ke dalam pan tersebut, masak sampai campuran tersebut mendidih kemudian masukkan potongan tofu atau tahu ke dalamnya dan di aduk – aduk perlahan sampai semuanya tercampur rata selama 5 – 6 menitan.
belajar makanan korea, belajar masakan korea, cara membuat mapo tofu, makanan korea, mapo tofu, masakan korea, resep makanan korea, resep mapo tofu, resep masakan korea

· Terakhir masukkan larutan tepung maizena ke pan tersebut sambil diaduk tentunya lalu tambahkan pula minyak wijen ke dalamnya, masak sampai kuahnya mengental lalu matikan apinya dan siapkanlah nasi putih hangat ke piring lalu siramkan mapo tofu ini di atas piring berisi nasi putih tersebut dengan begitu siap dihidangkan dan dinikmati. 
Previous
Next Post »