Side Dishnya Makanan Korea ‘Baechu Geotjeoli’

Side Dishnya Makanan Korea ‘Baechu Geotjeoli’-Makanan yang satu ini disebut 배추 겉절이 atau dibaca Baechu Geotjeoli. Baechu sendiri dalam bahasa Indonesia merupakan salah satu sayuran yaitu sawi putih. Di Korea, sawi putih ini merupakan salah satu sayuran yang mereka gunakan sebagai bahan untuk membuat kimchi. Namun terkadang sawi putih ini juga digunakan untuk makanan lainnya seperti baechu geotjoli ini. menu makanan pendamping yang satu ini sering sekali disajikan ketika makan siang maupun malam bahkan sarapan pun mereka selalu menyediakan atau menyiapkan side dish seperti ini. orang korea memang sering sekali membuat salad dengan sayuran – sayurannya, tentunya tanpa dimasak terlebih dahulu melainkan hanya mencampurnya dengan beberapa bahan atau bumbu saja. Untuk menu side dish yang satu ini, kita akan menggunakan sawi putih tetapi bagian yang lembutnya atau bagian sebelah dalam sawi putihnya. Nah langasung aja yuk kita lihat resepnya gimana. 
Baechu Geotjeoli, belajar makanan korea, belajar masakan korea, cara membuat Baechu Geotjeoli, makanan korea, masakan korea, resep Baechu Geotjeoli, resep makanan korea, resep masakan korea, side dish

Bahan – bahan utama yang diperlukan untuk membuat baechu geotjeoli seperti berikut ini :
· Sawi putih sebanyak 250 gram, diiris dengan ukuran sedang atau sesuai selera
· Bubuk cabai atau gochugaru sebanyak 2 sendok makan
· Air sebanyak 2 sendok makan
· Daun bawang sebanyak 1 batang, iris tipis
· Soy sauce sebanyak ½ sendok makan
· Bawang putih cincang sebanyak ½ sendok makan
· Cuka sebanyak ½ sendok makan
· Gula pasir sebanyak ½ sendok makan
· Minyak wijen sebanyak ½ sendok makan saja
· Biji wijen sebbanyak 1 sendok teh
· Garam secukupnya

Langkah pembuatan baechu geotjeoli seperti di bawah ini :
· Menyiapkan semua bahan yang diperlukan sehingga bisa langsung digunakan.
· Kemudian ambil mangkok besar lalu masukkan semua bahan – bahan utama di atas (kecuali irisan sawi putih) menjadi satu, selanjutnya campurkan atau aduk – aduk semua bahan sampai rata.
· Terakhir masukkan irisan sawi putih ke dalam maangkok tersebut, aduk hingga semua sawi tertutupi dengan campuran saus tersebut (lebih baik mengaduknya menggunakan tangan).
· Dengan ini baechu geotjeoli siap menjadi santapan pendamping makan anda (baik dimakan selagi masih fres/baru dibuat).

Baca juga :
Previous
Next Post »