Resep Masakan Korea : Sogogi DeopBap 소고기 덮밥

Resep Masakan Korea : Sogogi DeopBap 소고기 덮밥-Sogogi DeopBap merupakan salah satu masakan yang disajikan dengan nasi putih hangat. Masakan ini dibuat dengan menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Banyak sekali variasi dari kreasi masakan yang satu ini karena memang masakan yang satu ini bisa dibilang bukan makanan tradisional Korea selatan tetapi kemungkinan besar masakan ini diadaptasi dari berbagai masakan orang – orang Cina. Sogogi depbap ini bukanlah makanan yang pedas melainkan masakan yang tidak pedas. Cara penyajiannya tidak berbeda dengan nasi curry karena masakan ini disiramkan di atas nasi putih hangat dan sebelum dimakan biasanya kita campurkan terlebih dahulu tetapi ini sebenarnya sesuai selera saja. Aku dapat resep ini dari salah satu situs masakan Korea favorit ku trus aku coba deh ternyata rasanya enak juga, karena itu aku posting juga biar chinggu deul cobain juga masakan sogogi deopbap juga.
belajar makanan korea, belajar masakan korea, cara membuat Sogogi DeopBap, makanan korea, masakan korea, resep makanan korea, resep masakan korea, resep sSogogi DeopBap, Sogogi DeopBap

Bahan utama yang digunakan untuk membuat sogogi deopbap ini antara lain :
· Nasi Putih hangat secukupnya
· Bawang Bombay sebanyak 1 buah, diiris tipis
· Wortel sebanyak ½ buah, iris bentuk setengah lingkaran dan tipis
· Mentimun sebanyak ½ buah, iris setengah lingkaran serta tipis juga
· Daun bawang sebanyak 2 batang, iris ukuran 1 cm
· Jamur kancing sebanyak 3 buah, iris tipis
· Paprika sebanyak ½ buah, iris sesuai selera
· Cabai merah sebanyak 2 buah, iris menyerong
Bahan untuk bumbu daging sapinya :
· Daging sapi sebanyak 300 gram, iris kecil dan tipis atau sesuai selera
· Bawang Bombay sebanyak ¼ buah
· Buah pir besar impor (warna cokelat) sebanyak ½ buah
· Bawang putih sebanyak 4 buah
· Soy sauce sebanyak 2 ½ sendok makan
· Gula pasir sebanyak ½ sendok makan
· Minyak wijen sebanyak ½ sendok makan
· Lada hitam 1 sendok teh
· Jahe seukuran 1 cm, iris
Bahan untuk membuat sausnya :
· Soy sauce sebanyak 1 sendok makan
· Gula sebanyak 1 sendok teh
· Minyak sayur sebanyak 2 sendok makan
· Minyak wijen sebanyak ½ sendok makan
· Biji wijen sebanyak 1 sendok teh
· Bawang putih cincang sebanyak 1 ½ sendok teh
· Garam secukupnya
· Lada hitam bubuk secukupnya
· Larutan maizena (1 sendok makan tepung maizena dengan 3 sendok makan air)
Langkah atau cara untuk membuat sogogi deopbap seperti berikut ini :
· Pertama kita blender atau mixer bumbu daging sapinya seperti bawang Bombay, bawang putih, pir, soy sauce, gula, minyak wijen, lada hitam dan juga jahe, setelah halus sisihkan.
· Selanjutnya siapkan mangkok lalu masukkan irisan dagingnya ke dalam mangkok tersebut lalu masukkan juga bahan – bahan yang tadi telah diblender halus ke dalam mangkok berisi daging tersebut, aduk rata lalu tutup dengan plastic dan masukkan ke dalam lemari pendingin selama setidaknya 2 jam. Kalau aku biasanya melakukan ini malam baru besok paginya digunakan untuk memasak.
· Selanjutnya siapkan pan untuk menumis, masukkan minyak sayur lalu panaskan setelahnya masukkan bawang putih cincang, tumis beberapa saat hingga agak layu dengan api sedang. Kemudian tambahkan irisan bawang Bombay, wortel, mentimun dan paprika ke dalamnya. Tumis selama2 menit dengan api besar. berikutnya masukkan daging sapi yang telah dibumbui ke dalam pan tersebut dan masukkan pula semua bumbu saus (kecuali larutan maizena) ke dalam pan tersebut, aduk semua bahan sampai benar – benar tercampur rata.
· Ketika daging sapinya sudah hampir matang kemudian masukkan larutan maizena ke dalam pan tersebut dan diaduk rata, masak sebentar lalu masukkan irisan jamur kancing, daun bawang dan cabai merah ke dalamnya, aduk lagi hingga rata dan masak lagi selama 3 menit baru matikan apinya.
· Terakhir siapkan nasi putih hangat di atas piring lalu siramkan sogoginya diatas nasi putih tersebut, dengan ini sogogi deopbap siap dinikmati.

Baca juga :
Previous
Next Post »