Masakan Korea : Nakji Bokkeum (Olahan Seafood)

Masakan Korea : Nakji Bokkeum (Olahan Seafood)-Masakan Korea yang satu ini dibuat dengan berbahan dasar baby octopus atau gurita kecil ddalam bahasa Indonesianya. Nakji bokkeum ini merupakan salah satu masakan yang rasanya sangat enak dimana seafood dimasak dengan rasa yang pedas. Untuk di Indonesia sendiri mungkin akan agak kesulitan mencari gurita ukuran kecil karena sangat jarang sekali hewan laut yang satu ini dijadikan masakan di Indonesia jadi kalau memang sangat sulit mendapatkan gurita kecil maka bisa saja kita ganti dengan seafood lainnya seperti cumi misalnya atau ga udang, walaupun memang nanti akan sedikit ada perbedaan dirasanya tetapi menurutku sih ga beda – beda banget kok paling teksturnya aja yang beda. Coba aja chinggu, berkreasi kan ga dilarang, heheh. Ini aku kasih resep asli dari Korea nya, semoga berhasil ya buat nakji bokkeumnya. 
belajar makanan korea, belajar masakan korea, cara membuat Nakji Bokkeum, makanan korea, masakan korea, Nakji Bokkeum, resep makanan korea, resep masakan korea, resep Nakji Bokkeum

Bahan – bahan yang dibutuhkan dan digunakan dalam membuat nakji bokkeum ini :
· Nakji atau gurita ukuran kecil sebanyak 2 buah (kalau ga ada, ganti aja dengan cumi kalau cuminya besar cukup 2 saja tetapi kalau ukurannya kecil – kecil pakai sekitar 10 – 15 biji, begitu juga dengan udang ya)
· Bawang Bombay sebanyak 1 buah
· Wortel sebanyak 1 buah
· Cabai hijau besar sebanyak 6 buah
· Bawang putih (cincang) sebanyak 2 sendok makan
· Cabai bubuk atau gochugaru sebanyak 2 sendok makan
· Minyak wijen sebanyak 1 sendok makan
· Gula pasir sebanyak 1 sendok makan
· Gukganjang atau soy sauce untuk soup sebanyak 1 sendok teh
· Lada bubuk hitam sebanyak 1 sendok teh
· Biji wijen sebanyak 1 sendok teh
· Saus ikan sebanyak 1 sendok teh

Langkah – langkah pembuatan nakji bokkeum seperti berikut ini :
· Jika menggunakan nakji/octopus atau gurita kecil maka bersihkan terlebih dahulu dengan garam dan tepung masing – masing 1 sendok makan sambil dipijat – pijat setiap bagiannya, kemudian cuci dan bilas dengan air dingin sampai dua kali lalu buang isi bagian kepala dan mata gurita tersebut dengan bantuan gunting atau pisau selanjutnya bilas lagi dengan air dingin hingga bersih dan ditiriskan. Berikutnya potong – potong gurita tersebut seduai selera (kecil – kecil saja).
· Kalau tidak ada gurita dan akhirnya menggunakan udang atau cumi, untuk udang buang kulit dan kepalanya dan apabila udangnya besar besar potong menjadi 2 atau 3 bagian dan kalau udangnya kecil tidak perlu dipotong. Untuk cumi buang bagian kantung tinta, dan tulangnya yang seperti kaca dari cumi tersebut, jika cuminya besar maka dipotong – potong tapi kalau kecil tidak usah dipotong. Bersihkan dengan menggunakan air dingin dan dibilas hingga bersih lalu tiriskan.
· Selanjutnya kupas wortel dan diiris tipis menyerong, begitu juga dengan cabai hijau dan daun bawang diiris menyerong. Untuk bawang Bombay diiris tipis seperti biasanya.
· Siapkan mangkok kecil lalu campurkan semua bumbu seperti bawang putih cincang, minyak wijen, bubuk cabai, saus ikan, gula, soy sauce dan lada bubuk diaduk sampai tercampur rata, sisihkan (bubuk cabai bisa ditambah sesuai selera).
· Siapkan pan besar lalu masukkan potongan gurita ke dalamnya tumis dengan menggunakan sedikit minyak sayur masak dengan api besar selama sekitar 1 – 2 menitan sampai warnanya berubah lalu angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
· Dengan menggunakan pan tadi dan menggunakan api besar masukkan wortel ke dalamnya, aduk – aduk sekitar 1 menit lalu masukkan bawang Bombay aduk – aduk lagi sekitar 1 menitan baru dimasukkan lagi irisan daun bawang dan cabai hijau ke dalamnya masak selama sekitar 3 menitan.
· Setelahnya masukkan kembali gurita yang telah dimasak sebentar sebelumnya bersama dengan campuran bumbu yang telah dibuat ke dalam pan tersebut, aduk – aduk (masih menggunakan api besar) sampai semuanya tercampur rata, tambahkan sedikit garam jika dirasa kurang asin (masak sekitar 3 menit).
· Dengan begitu nakji bokkeum siap dihidangkan dan dinikmati tentunya, jangan lupa beri biji wijen diatasnya sebagai hiasan.

Baca Juga :
Previous
Next Post »