Kreasi Masakan Korea : Tofu Bibimbap

Kreasi Masakan Korea : Tofu Bibimbap-Bisa dibilang di antara semua masakan Korea yang pernah kucoba, Bibimbap makanan yang paling aku suka. Setelah sebelumnya aku udah pernah kasih resep bibimbap yang asli Korea. Kali ini aku buat kreasi bibimbap dengan menggunakan tofu sebagai sumber lauknya. Di mana pada bibimbap biasanya menggunakan potongan daging, nah kali ini aku ganti dagingnya dengan tofu. Untuk orang – orang vegetarian, menu ini sangat cocok untuk dicoba. Bibimbap juga merupakan salah satu menu yang paling memungkinkan dikreasikan dengan berbagai kombinasi bahan yang berbeda – beda karena memang bibimbap dibuat dari beberapa sayuran dan protein. Bahkan orang – orang di Korea terkadang ketika mereka malas atau tidak sempat memasak maka mereka akan membuat bibimbap dengan mencampurkan berbagai side dish atau sisa makanan dari sebelumnya yang mereka punya dengan nasi lalu diberi telur ceplok juga gochujang di atasnya. Dengan ini saja telah bisa menikmati bibimbap, karena bibim sendiri berarti campur dan bap berarti nasi jadi memang kita bisa membuat nasi campur dengan campuran apa saja. 
belajar makanan korea, belajar masakan korea, cara membuat Tofu Bibimbap, kreasi bibimbap, makanan korea, masakan korea, resep makanan korea, resep masakan korea, resep Tofu Bibimbap, Tofu Bibimbap

Langsung lihat kebutuhan bahannya berikut ini :
· Nasi putih hangat secukupnya
· Mentimun sebanyak 1 buah
· Bayam sebanyak 100 - 200 gram
· Wortel sejumlah 2 buah ukuran sedang
· Jamur kancing atau shitake sebanyak 10 buah
· Tofu atau tahu sejumlah 300 gram
· Bawang putih cincang sebanyak 1 sendok makan
· Lada bubuk atau merica
· Minyak wijen
· Minyak goreng
· Gochujang atau pasta cabai seabnyak 2 sendok makan (campur dengan 1 sendok makan air dan sedikit gula) 
belajar makanan korea, belajar masakan korea, cara membuat Tofu Bibimbap, kreasi bibimbap, makanan korea, masakan korea, resep makanan korea, resep masakan korea, resep Tofu Bibimbap, Tofu Bibimbap

Cara membuat bibimbap tofu ini seperti di bawah :
· Pertama yang dilakukan memotong sayuran seperti wortel dan mentimun menjadi seperti korek api (bisa dilihat di gambar) kemudian berikan sedikit garam di irisan wortel dan mentimun tersebut. Kemudian panaskan pan penggorengan beri sedikit minyak lalu masukkan wortel dan mentimunya bersama dengan sebagian bawang putih cincang, lada bubuk dan 1 sendok teh minyak wijen, tumis sekitar 2 – 3 menit. Angkat dan Sisihkan.
· Kemudian jamur diiris tipis dan tumis juga bersama bawang putih cincang dan sedikit laada bubuk selama 2 – 3 menit. Angkat lalu sisihkan.
· Untuk bayam, siapkan panci lalu isi dengan air dan sedikit garam lalu masak sampai mendidih selanjutnya masukkan bayam yang telah dicuci bersih sebelumnya, masak sebentar saja lalu angkat dan dibilas dengan air dingin lalu ditiriskan. Berikan sedikit minyak wijen, garam dan juga lada bubuk aduk – aduk sampai rata.
· Tofu yang dipotong dadu ditaburkan sedikit garam dan digoreng dengan sedikit minyak sampai warna tofunya berubah di semua sisinya.
· Untuk penyajiannya, masukkan nasi putih hangat ke dalam mangkok lalu masukkan sejumlah tumisan wortel, mentimun, jamur dan rebusan bayam di atasnya dan terakhir masukkan pula tofu dan saus gochujang yang telah dicampur dengan gula dan air tadi, terakhir tambahkan sedikit minyak wijen, dengan ini bibimbap tofunya siap dinikmati (jangan lupa dicampur ya sebelum dimakan). Selamat menikmati chinggu..^^

Baca juga :
Previous
Next Post »