Tata Bahasa Korea : Kalimat Tanya, Berita dan Subjek untuk Topik Tertentu



Tata Bahasa Korea : Kalimat Tanya, Berita dan Subjek untuk Topik Tertentu-Dalam bahasa tentunya ada dua jenis atau bentuk kalimat, yang pertama adalah kalimat Berita dan yang kedua adalah kalimat Tanya. Di bawah ini kita akan melihat seperti apa dan bagaimana cara membuat kalimatnya…
Yang pertama kita akan buat contoh kalimat berita yang sangat sederhana yang biasa digunakan dalam perkenalan.
bahasa korea, belajar bahasa korea, hangeul, kalimat berita, kalimat tanya, pemula

Dalam kalimat berita atau pernyataan, di dalam bahasa korea selalu diakhiri 입니다 atau 읍니다 (Imnida atau mnida) ini merupakan bentuk sopan atau formal yang sering diartikan sebagai 입니다 ‘adalah’ tetapi dalam setiap akhir kalimat bahasa formal biasanya selalu menggunakan akhiran ini meskipun dalam hal tersebut tidak lagi diartikan sebagai ‘adalah’.
Ini contohnya :
유니입니다 Saya (adalah) Yuni
민허입니다 Saya (adalah) Minho
학생 입니다 Saya (adalah) seorang pelajar
가수입니다 Saya (adalah) seorang penyanyi
인도네시아 사람 입니다 Saya (adalah) orang Indonesia
한국 사람 입니다 Saya (adalah) orang Korea
Sekarang ayo coba kamu buat mengenai dirimu sendiri, dengan ini kamu udah bisa lho berkenalan dengan cara yang sederhana…
Ayo kita masuk ke bagian materi yang ke dua…
Bagian kedua ini adalah kalimat Tanya, nah untuk kalimat Tanya ini kita akan pelajari penggunaan kata ‘apakah?’ yang dalam bahasa korea 입니까 (Imnikka), kata 입니까 (Imnikka) ini sebenarnya biasa diletakkan di akhir kalimat Tanya namun dalam materi kali ini kata 입니까 (Imnikka) ini digunakan dalam kalimat Tanya yang sangat sederhana dan kata apakah yang dimaksud ini biasanya diletakkan di belakang kata benda.. ayo dari pada bingung bacanya kita langsung liat aja contohnya biar lebih mudah memahaminya..
Ini contohnya…
유니 입니까 ? Apakah Anda Yuni?
민허입니까 ? Apakah Anda Minho?
학생 입니까 ? Apakah Anda seorang pelajar?
가수 입니까 ? Apakah Anda seorang penyanyi?
인도네시아 사람 입니까 ? Apakah Anda orang Indonesia?
한국 사람 입니까 ? Apakah Anda orang Korea?

Sekarang kita masuk ke materi yang ketiga. Materi ini penting banget dan kalau kamu ga faham tentang ini akan sangat sulit bagi kita untuk berkomunikasi dengan orang korea karena akan sulit dimengerti bagi maksud omongan kita. Materi ini mengenai subjek suatu topic tertentu yang ingin kita bicarakan. Jika kita sedang membicarakan kata benda tertentu ataupun menanyakan kata benda tertentu kita harus menggunakan 은/는 (eun/neun) diakhir kata benda tersebut. Tujuannya untuk menunjukkan mengenai topik apa yang kita bicarakan.
Yuk kita liat contohnya lagi…
저는 입니다 Saya adalah Yuni
제 이름은 민허 입니다 Nama Saya adalah Minho
유니 씨 는 학생 입니까 ? Apakah Yuni seorang pelajar?
민허가수 입니까 ?Apakah Minho seorang penyanyi?
민허한국 사람 입니다 Minho (adalah) orang Korea
Untuk postingan kali ini cukup tiga materi ini dulu ya.. tiga materi ini adalah dasarnya sebelum masuk ke materi selanjutnya, semoga pembaca smuanya bisa ngerti ya.. kalau masih bingung bisa pegangan kok (lho..?) heheh, bisa nanya kok.. tulis comment aja ya..


나중에 보자......

Previous
Next Post »