Tata Bahasa Korea : Perbedaan Partikel pada Kata Benda Subjek dan Objek



Setelah kemarin aku posting resep makanan Korea, hari ini aku mau posting lagi tapi bukan tentang makanan lagi.. aku mau lanjutin pelajaran kita sebelumnya, biar menambah pengetahuan dan pemahaman kita tentang tata bahasa Korea. Setelah kamu memahami ini, setidaknya kamu tidak akan bingung memahami maksud dalam dialog atau kalimat dengan bahasa Korea. Karena kamu sudah bisa membedakan mana subjek dan mana objeknya. Perlu aku kasih tau ya teman, sebenarnya tata bahasa Korea berbeda dengan bahasa Indonesia kita dalam penyusunan kalimatnya, bahasa Korea lebih mirip dengan bahasa inggris dalam penyusunan kalimatnya walaupun tidak sepenuhnya mirip. Misalnya kalau dalam bahasa Indonesia kita biasanya menggunakan struktur kaliman SPO di mana Subjek kalimat selalu di depan baru diikuti predikat dan objek serta seterusnya, namun di bahasa Korea susunannya SOP, memang subjeknya di depan tetapi predikat kalimat biasanya selalu di belakang atau diakhir kalimatnya. Dan terkadang orang akan bingung bagaimana membedakan subjek dan objeknya, karena di dalam bahasa Korea setiap subjek dan objek harus diikuti partikel di belakangnya, partikel untuk masing – masingnya berbeda – beda. Nah untuk itu, aku akan bahas mengenai penggunaan partikel – pertikel tersebut supaya kalian pembaca tidak bingung.
Kalau sebelumnya aku udah pernah posting tentang tata bahasa untuk partikel i dan ga, nah pada artikel kali ini aku mau bahas mengenai partikel 을 eul dan reul. Kalian pasti bertanya – tanya Apa sih sebenarnya perbedaan ke empat jenis partikel tersebut dan bagaimana sebenarnya penggunaannya di dalam kalimat? Jangan bingung chinggu! Seperti yang udah aku bilang tadi kalau di dalam tata bahasa Korea setiap objek dan subjek tidak bisa berdiri sendiri di dalam kalimat, harus ada partikel yang menemaninya di belakang, ke empat artikel itu merupakan partikel yang menemani objek dan subjek. Tapi tunggu dulu setiap subjek dan objek berbeda – beda lho partikelnya, ada ketentuan yang berlaku (kayak iklan yee…hahaha). Dari pada chinggu binggung, langsung aja yuk kita lihat contoh penggunaannya di dalam kalimat – kalimat berikut ini :
Partikel untuk Objek, jika objek yang merupakan kata benda berakhiran konsonan maka partikelnya diikuti dengan eul, sedangkan jika kata benda yang menjadi objek berakhiran vokal maka objek tersebut diikuti partikel reul.
bahasa korea, bahasa korea untuk pemula, belajar bahasa korea, belajar bahasa korea pemula, belajar bahasa korea untuk pemula, partikel objek dan subjek dalam kalimat

bahasa korea, bahasa korea untuk pemula, belajar bahasa korea, belajar bahasa korea pemula, belajar bahasa korea untuk pemula, partikel objek dan subjek dalam kalimat

·         Yoona makan nasi
 유나 씨가 빱 먹습니다 (Yoona ssi ga pabeul mogseumnida)
·        Mahasiswa membaca buku
 대학생 이 책 읽습니다 (Daehaksaengi chekeul ilkseumnida)
·         Taeyeon bertemu teman
태연씨가 친구 만납니다 (Taeyeon ssi ga chingureul mannabnida)
Sedangkan untuk partikel yang mengikuti Subjek di dalam kalimat, partikel i digunakan pada kata benda yang menjadi subjek dan memiliki akhiran konsonan, dan untuk kata benda atau orang yang menjadi subjek serta diakhiri dengan vokal maka partikel yang mengikutinya ga .
·         Ada buku di meja
책상에 책 있습니다 (cheksange cheki isseumnida)
·         Seohyun pergi ke perpustakaan
도서관에 서현씨 갑니다 (deosokwane seohyun ssi ga gamnida)
Sekarang udah ga bingung lagi kan?? Semoga artikel kali ini bisa menambah pengetahuan dan juga pemahaman kamu tentang bahasa Korea ya. Ingat bahasa adalah kunci dalam berkomunikasi, tidak ada salahnya belajar bahasa semakin banyak bahasa yang kamu fahami semakin banyak juga pengetahuan dan juga teman yang bisa kamu dapatkan. Sampai ketemu di artikel berikutnya chinggu..
Annyeong!!
Previous
Next Post »