Omurice, Makanan Asal Jepang dan Korea



Omurice, Makanan Asal Jepang dan Korea-Omurice merupakan salah satu makanan dari Jepang dan Korea. Omurice digunakan dengan berbahan telur dan nasi. Pada dasarnya Omurice merupakan omelet yang dibuat dengan nasi goreng. Omurice sendiri berasal dari kata omelete dan rice. Omurice awalnya berasal dari Jepang dan makanan ini menjadi makanan yang terkenal sejak abad ke 19 dan mulai banyak dikembangkan baik di Jepang maupun Korea. Omurice secara sederhana dibuat dari nasi goreng yang berisi berbagai campuran seperti ayam, bawang, saus dan lain – lain kemudian dibungkus dengan lapisan tipis yang dibuat dari telur ayam.  Isian Omurice ini bermacam – macam sesuai selera, ada yang ditambahkan jamur, wortel, kimchi dan masih banyak lagi yang lainnya.langsung aja yuk kita bahas bahan – bahan untuk membuatnya dan langkah – langkah pembuatannya.

Bahan – bahan yang dipakai untuk membuat omurice ini, kita menggunakan nasi sekitar empat cup (cup nasi seperti nasi padang), daging ayam atau bisa juga daging sapi, sosis, atau daging lainnya jumlahnya sekitar 250 gram atau secukupnya sesuai selera, dipotong – potong kecil ukuran seperti dadu, bawang bombai satu buah saja diiris tipis, cabai hijau besar satu buah diiris tipis, bawang putih 1 siung dicincang halus, daun bawang satu batang saja dipotong - potong sekitar 1 cm, jamur kancing atau jamur lainnya (ini bisa diganti dengan sayuran lain seperti wortel atau sayuran yang lainnya) diiris kecil - kecil, telur ayam 4 butir, saus tomat dan saus cabai secukpnya, garam secukupnya dan merica satu sendok teh saja, jangan lupa minyak secukupnya. Selanjutnya yuk kita bahas cara membuatnya di bawah ini.
Pertama – tama persiapkan semua bahan – bahan yang disebutkan sebelumnya dan telah dipotong – potong sesuai kebutuhan. Kita menyiapkan pan untuk menggoreng kemudian panaskan minyak secukupnya. Setelah minyak cukup panas kita memasukkan daging ayam yang sudah dipotong dadu, masak sebentar hingga daging ayam berubah warna menjadi putih kemudian masukkan juga bawang Bombay, bawang putih, irisan cabai hijau tumis hingga harum selanjutnya tambahkan jamur masak sebentar. Langkah selanjutnya kita memasukkan nasi ke dalam pan dan kemudian campurkan hingga semua bahan tercampur rata. Tambahkan garam dan merica ke dalamnya kemudian aduk kembali hingga tercampur rata. Kemudian kecilkan api dan tambahkan saus tomat dan saus cabai ke dalamnya kemudian diaduk hingga tercampur rata. Kemudian matikan api dan sisihkan terlebih dahulu.
Langkah selanjutnya, gunakan pan atau penggorengan yang lain kemudian panaskan minyak goreng di dalamnya. Sambil menunggu minyak panas, kocoklah 4 butir telur selanjutnya masukkan kedalam pan dan buatlah telur dadar yang tipis dan rata di permukaan pan sehingga membentuk omelet yang tipis. Gunakan api kecil sehingga telur tidak gosong. Setelah omeletenya matang matikan api. Selanjutnya letakkan nasi goreng yang telah dibuat di langkah sebelumnya di atas omelet tadi, di bagian tengahnya secukupnya. Selanjutnya tutup nasi dengan omelet seperti membuat gulungan kemudian tutup pan dengan piring lebar kemudian balik pan tersebut sehingg posisi piring di bagian bawah sehingga omelet dan nasi gorengnya berada di atas piring. Lakukan langkah – langkah tersebut sehingga didapatkan empat piring omurice. Hiaslah bagian atas omurice dengan saus cabai diatasnya.

Previous
Next Post »