Cemilan Korea: Pajeon atau Korean Pancake



Cemilan Korea: Pajeon atau Korean Pancake-Korean Pajeon atau dalam bahasa Indonesia pancake daun bawang atau bakwan daun bawang. Di Korea sendiri, makanan ini merupakan salah satu cemilan favorit baik di kalangan tua maupun muda. Biasanya di Korea bahannya hanya menggunakan daun bawang saja sebagai bahannya tetapi agar lebih enak banyak restoran atau tempat makan atau tenda – tenda yang menjual makanan ini di malam hari yang membuatnya dengan ditambahkan seafood, ayam atau daging yang dicampur dengan daun bawang. Ini membuat rasa Pajeon menjadi lebih enak untuk dinikmati. Di Korea, biasanya Pajeon dinikmati bersama dengan saus yang dibuat khusus. Terdapat perbedaan cara pembuatan pajeon dengan cemilan Indonesia bakwan, selain perbedaan ukuran karena Pajeon ukurannya lebih lebar sedangkan bakwan digoreng kecil – kecil juga cara memasaknya yang berbeda. Untuk bakwan semua bahan dicampur dan diaduk terlebih dahulu setelah itu baru digoreng sedangkan untuk Pajeon, daun bawang dan bahan campuran lain seperti daging atau seafood diletakkan di pan penggorengan terlebih dahulu setelah itu baru disiram dengan adonan tepung dan bumbu lainnya. Untuk resep pajeon ala aku ini sedikit disesuaikan dengan lidah orang Indonesia (hehehe) supaya lebih enak. Ga perlu berlama – lama, yuk kita bahas langsung saja langkah selanjutnya.
Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat Pajeon seperti di bawah ini :
·         Tepung terigu sebanyak 1 gelas (gelas ukuran 250 ml)
·         Tepung beras sebanyak ¼ gelas (gelas ukuran 250 ml)
·         Tepung tempura ¼ gelas (gelas ukuran 250 ml)
·         Garam secukupnya
·         Gula pasir sesuai selera
·         Bawang putih 4 siung, dihaluskan
·         Air es atau air dingin lebih kurang 2 gelas (diperkirakan saja saat membuat adonannya nanti)
·         Telur sebanyak 5 butir
·         Daging ayam atau daging sapi atau bisa juga udang sebanyak 250 gr, potong kecil - kecil
·         Daun bawang sebanyak 15 batang, potong panjang – panjang
·         Cabai merah 1 sampai 2 buah, diiris tipis – tipis
·         Minyak goreng secukupnya
Langkah – langkah pembuatan Pajeon sebagai berikut :
·        Membuat adonan tepungnya dengan cara mencampurkan tepung terigu, tepung beras dan tepung tempura ditambahkan juga dengan bawang putih yang telah dihaluskan, garam dan gula kemudian diaduk hingga rata sambil ditambahkan air es atau air dingin sedikit demi sedikit hingga adonan tercampur rata.
·         Kemudian kita panaskan pan penggorengan terlebih dahulu (pilih pan penggorengan yang rata atau tidak melengkung) dengan api sedang. Selanjutnya tambahkan minyak goreng secukupnya ke dalam pan penggorengan dan pastikan minyak tersebar ke seluruh permukaan pan penggorengan,
·         Langkah selanjutnya meletakkan daun bawang yang telah dipotong di atas pan penggorengan secara sejajar selain itu juga letakkan daging atau seafood yang telah dipotong di atasnya. Setelah itu, tuangkan adonan tepung yang telah dibuat tadi ke dalam pan penggorengan hingga adonan tepung menutupi tumpukan daun bawang dan daging yang telah disusun. Selanjutnya pecahkan telur dadar di atas pan penggorengan tadi dan campurkan sedikit di atas pan penggorengan tersebut.


·         Setelah pajeon sudah terlihat setengah matang balikkan pajeon sehingga nbagian atasnya juga bisa dimatangkan. Tekan – tekanlah permukaan pajeon beberapa kali serta tambahkan minyak di pinggiran panjeon, masak hingga warna berubah kuning kecokelatan. Setelah itu matikan api dan pindahkan pajeon ke piring.

·         Lakukan langkah – langkah di atas hingga mendapatkan 5 porsi pajeon yang berukuran besar sekitar 24 cm.
·         Biasanya pajeon ini dimakan dengan saus ikan atau gochujang.

Previous
Next Post »