Miyeok Gook : Sop Rumput Laut dengan Daging Sapi Ala Korea

Miyeok Gook : Sop Rumput Laut dengan Daging Sapi Ala Korea-Miyeok Gook, masakan ala Korea yang satu ini sangatlah enak dan juga sehat untuk dikonsumsi. Selain mengandung protein juga mengandung serat, iodium dan kalsium yang baik untuk tubuh. Di Korea sendiri, Miyeok Gook selalu disajikan dan dimakan ketika ada yang sedang berulang tahun. Biasanya seorang ibu akan membuat khusus menu ini untuk anaknya yang berulang tahun. Tetapi bukan berarti Miyeok Gook ini hanya disajikan ketika ada yang berulang tahun, selain hari special itu pun sop ini pun tetap bisa disajikan atau dimakan kapan saja. Cara membuatnya sangatlah mudah dan sebenarnya banyak sekali kreasi bahan untuk membuat menu ini, semua tergantung siapa yang membuat dan lokasi tinggalnya. Ada beberapa orang di daerah dekat laut yang menambahkan siput ke dalam miyeok gook ini. tetapi tetap saja pada dasarnya sop ini terdiri dari dua bahan utama yaitu rumput laut dan daging. Nah sekarang yuk langsung kita bahas apa saja yang dibutuhkan untuk membuat miyeok gook dan bagaimana cara membuatnya.

beef seewed soup, jajanan korea, makanan korea, masakan korea, miyeok gook, resep korean beef seewed soup, resep miyeok gook

 

Untuk membuat 4 porsi miyeok gook dibutuhkan sekitar setengah sampai satu jam untuk membuatnya dan bahan – bahan yang diperlukan untuk membuatnya sebagai berikut ini :
·         Rumput laut kering sebanyak 20 gram
·         Daging sapi sebanyak 130 gram, dibersihkan dan dipotong – potong kecil
·         Saus kecap sebanyak 3 sendok makan
·         Minyak wijen sebanyak 1 sendok makan
·         Air bersih sebanyak sekitar 1,5 liter
·         Bawang putih sebanyak 2 siung, dicincang halus
·         Garam dapur secukupnya
Langkah – langkah untuk membuat sop rumput laut atau Miyeok Gook sebagai berikut :
·         Langkah pertama, merendam rumput laut di dalam air dingin selama sekitar 1 jam, kemudian bilas dengan air bersih dan tiriskan. Selanjutnya rumput laut tersebut dipotong sesuai selera tetapi biasanya seukuran 5 cm.
·         Kemudian siapkan wajan atau panci dan masukkan 1 sendok makan minyak wijen kemudian masukkan bawang putih cincang.
·         Setelah wangi, masukan irisan daging sapi ke dalam wajan tersebut. Aduk hingga daging sedikit berubah warna.
·         Selanjutnya tambahkan juga kecap atau saus kacang kedelai, kalau bisa gunakan saus kacang kedelainya korea, untuk memasak ini gunakan api sedang.
·         Langkah berikutnya menambahkan rumput laut dan aduk hingga sekitar 3 menit.
·         Kemudian tambahkan lagi air dan juga saus kacang kedelai, masak hingga air mendidih dan daging sapinya melunak dan yang terakhir tambahkan sedikit garam, masak sebentar kemudian matikan apinya.
·         Miyeok gook siap untuk dihidangkan.
Selamat mencoba membuat dan menikmati miyeok gooknya ya chinggu..
Jal Mokgetsemnida…

Previous
Next Post »