Tata Bahasa Korea : Partikel atau Imbuhan yang Menunjukkan Keterangan Tempat atau Posisi



Tata Bahasa Korea : Partikel atau Imbuhan yang Menunjukkan Keterangan Tempat atau Posisi-Akhirnya aku bisa nulis mengenai belajar bahasa korea lagi nih chinggu deul.. Maaf ya udah lama ga update pelajaran bahasa koreanya.. Nah kali ini aku mau ajarin kamu mengenai penggunaan imbuhan “di”. Imbuhan ini sangat penting lho chinggu deul.. imbuhan “di” ini salah satu imbuhan yang menunjukkan keterangan tempat kegiatan atau kejadian tertentu atau tempat keberadaan sesuatu. Di dalam tata bahasa korea sendiri ada dua jenis imbuhan “di” dan penggunaannya tergantung kalimat dan tujuannya. Di dalam tulisan korea terdapat dua jenis keterangan tempat atau waktu yaitu ‘e’ dan 에서 ‘eseo’.
bahasa korea, bahasa korea untuk pemula, belajar bahasa korea, belajar bahasa korea pemula, belajar bahasa korea untuk pemula, imbuhan dalam bahasa korea, kata depan yang menunjukkan tempat

Partikel keterangan tempat yang pertama bertujuan untuk menunjukan posisi atau lokasi atau tempat keberadaan kata benda atau manusia. Dalam bahasa korea atau Hangeul ditulis ‘e’ yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan ‘di’ atau ‘pada’ dan biasanya penggunaannya diikuti atau bersama dengan 있습니다 ‘iseumnida’ atau 습니다 ‘obseumnida’ yang artinya di dalam bahasa Indonesia ada dan tidak ada. Pasti masih bingung bagaimana cara penggunaannya di kalimat dan maksudnya seperti apa. Dari pada bingung, yuk langsung aja kita lihat contoh penggunaannya dalam kalimat dan dialog di bawah ini :
A : Apakah di kelas ada guru kita? 
      교실에 우리선생님이 있습니까 ?
B : Iya, Ada
     네, 있습니다
Atau seperti kalimat berikut ini :
A : Apakah di rumah mu ada komputer?
     집에 컴퓨터가 있습니까 ?
B : Tidak, Tidak ada
     아니요,  습니다.
Atau bisa juga digunakan untuk menanyakan benda atau tempat yang kita tidak tahu, contohnya seperti ini :
Ada (benda) apa di sekolah?
 교실에 무옷이 있습니까 ?
Atau
Ada siapa di rumah?
집에 누가 있습니까 ?
Selanjutnya partikel keterangan tempat atau posisi yang ke dua betujuan untuk menunjukkan posisi atau tempat suatu kejadian atau peristiwa terjadi dan partikel keterangan ini dilekatkan pada kata benda tepatnya setelah kata benda yang menjadi keterangan posisi atau tempatnya. Dalam bahasa korea atau Hangeul partikel keterangan waktu ini ditulis 에서 ‘eseo’ yang dalam bahasa Indonesia juga berarti di. Berbeda dengan keterangan posisi atau tempat yang sebelumnya untuk menunjukkan keberadaan kata benda atau orang, keterangan tempat atau posisi yang satu ini tidak harus diikuti kata tertentu seperti yang sebelumnya tapi biasanya diikuti oleh kata kerja yang menunjukkan sesuatu kejadian atau peristiwa. Dari pada chinggu deul makin bingung, mendingan kita lihat contoh aja langsung ya.
Yoona bekerja di bank.
유나씨가 으행에서 일합니다.
Seohyun belajar di perpustakaan.
서현씨가 도서관에서 공부합니다.
SNSD menyanyi di music bank.
서녀시대가  뮤직 뱅크에서 너래습니다.
Sekarang udah lumayan faham kan?? Mudah kok belajar bahasa Korea, yang penting ada kemauan pasti aja ada jalan. Selamat belajar chinggu deul… annyeong!!

Previous
Next Post »