Resep Japchae atau Bihun Goreng Ala Korea


Resep Japchae atau Bihun Goreng Ala Korea-Japchae, pasti buat kamu yang ga tau makanan korea atau ga suka nonton drama, film atau variety shownya Korea ga akan tahu apa itu japchae. Tapi buat kamu yang suka salah satu yang aku sebut tadi atau setidaknya suka makan makanan Korea di salah satu restoran Korea yang tersebar di Indonesia pasti tau tentang makanan ini. di Korea sendiri, menu ini sangat digemari karena setiap full course atau satu set menu lengkap bagi orang Korea selalu ada Japchae ini. masakan ini sering dijadikan menu pelengkap (side dish) atau bisa juga menjadi salah satu menu utama. Semuanya tergantungmasing – masing orang. Japche biasanya dibuat menggunakan mie yang dibuat dari tepung ubi manis. Untuk di Indonesia pasti akan sangat sulit menemukan jenis mie ini. bentuknya seperti mie bihun tetapi berbeda dengan rasa bihun karena mie yang dibuat dari ubi manis rasanya tentu lebih sedikit manis dibandingkan bihun yang biasanya dibuat dari tepung jagung. Nah karena kita di Indonesia apa salahnya kita coba buat dengan bahan yang ada di Indonesia aja, untuk pelengkapnya biasanya mereka menggunakan sayuran seperti jamur dan wortel kemudian ditambah juga dengan irisan daging sapi. Hmm kebayang rasanya pasti enak. Yuk langsung aja baca tahapannya.
japchae, korean beef stir noodles, korean food, makanan korea, masakan korea, resep japchae, resep makanan korea, resep masakan korea

japchae, korean beef stir noodles, korean food, makanan korea, masakan korea, resep japchae, resep makanan korea, resep masakan korea
Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat Japchae 잡채 sebagai berikut :
·         Daging sapi sebanyak 400 gam, bersihkan kemudian potong tipis memanjang
·         Jamur shiitake berukuran besar sebanyak 2 buah, rendam dalam air  kemudian potong tipis memanjang (bisa diganti dengan jamur lain misalnya jamur kuping, jumlahnya juga bisa diperbanyak sesuai selera)
·         Bawang putih besar sebanyak 5 siung, dicincang halus
·         Gula pasir sebanyak 1 sendok makan
·         Kecap sebanyak 3 sendok makan
·         Minyak wijen sebanyak 5 sendok makan
·         Biji wijen sangria sebanyak 1 sendok makan
·         Telur ayam sebanyak 1 buah
·         Wortel 1 buah kecil potong korek api
·         400 gram mie bihun
·         Bayam secukupnya saja, potong – potong
·         Daun bawang sebanyak 3 batang, diiris – iris agak besar
·         Bawang Bombay sebanyak 1 buah, diiris tipis
·         Paprika merah 1 buah diris tipis
·         Lada secukupnya
·         Garam secukupnya
·         Minyak goreng secukupnya
Langkah – langkah persiapan dan pembuatan japchae ini sebagai berikut :
·         Yang pertama dilakukan membumbui daging sapid an juga jamurnya, siapkan wadah kemudian campurkan dengan cincangan bawang putih juga gula pasir kemudian merica bubuk, kecap dan juga minyak wijen, aduk semuanya sampai rata sambil diremas – remas kemudian tutup dengan plastic kemudian simpan di dalam lemari pendingin.
·         Kemudian menyiapkan irisan telur dengan memecahkan telur di mangkok kemudian dikocok sampai merata tambahkan juga sedikit garam aduk dampai benar – benar rata dan sedikit berubah warna agar jadinya lebih lembut. Selanjutnya gunakan penggorengan Teflon untuk menggorengnya dengan sedikit minyak saja, buatlah setipis mungkin kemudian dibalik jangan sampai gosong lalu pindahkan dan diiris tipis – tipis seperti korek api.
·         Langkah berikutnya, menyiapkan panci isi dengan air dan didihkan. Setelahnya masukkan daun bayam cukup 1 menit saja kemudian angkat, siram dengan air dingin kemudian tiriskan. Pindahkan ke mangkok tambahkan minyak wijen dan juga kecap, aduk rata dan sisihkan.
·         Masukkan lagi ke dalam panci berisi air mendidih tadi mie sekitar beberapa menit sampai matang. Setelahnya angkat dan tiriskan kemudian siram lagi dengan air dingin. Pindahkan ke mangkok campurkan dengan kecap dan minyak wijen, campurkan hingga rata menggunakan tangan atau dengan bantuan sendok agar semua tercampur dan mie nya tidak saling menempel.
·         Gunakan wajan penggorengan untuk memanaskan minyak goreng dan masukkan bawang Bombay dan cincangan bawang putih, irisan wortel juga paprika dan daun bawang ditambahkan juga dengan campuran daging dari lemari es sebelumny, aduk – aduk dan masak hingga layu dan mengeluarkan bau harum serta daging berubah warna dan empuk tambahkan lagi merica bubuk juga garam ke dalam campuran ini, aduk terus sampai rata, gunakan api kecil saja untuk memasak ini. setelah semua matang dan tercampur rata kemudian matikan api dan pindahkan ke dalam mangkok besar.
·         Langkah terakhir masukkan mie dan juga bayam yang telah dibumbui tadi ke dalam mangkok besar bersama dengan tumisan daging dan lainnya lalu tambahkan kecap ke dalamnya juga minyak wijen dan biji wijen, aduk semuanya sampai rata jika dirasa kurang pedas tambahkan lagi lada bubuk ke dalamnya, akan lebih baik mengaduknya ketika masih panas. Kemudian pindahkan ke dalam piring dan tambahkan irisan telur diatas campuran tersebut. Dengan ini japchae siap dihidangkan dan dinikmati tentunya.

Baca juga : Resep Guksu

Previous
Next Post »