Makanan Korea : Resep Bibimbap atau Nasi Campur Korea


Makanan Korea : Resep Bibimbap atau Nasi Campur Korea-Bibimbap, mendengar nama makanan ini membuat saya mau makan itu lagi. Makanan ini merupakan salah satu makanan korea yang cukup terkenal dan digemari banyak orang. Hal ini dikarenakan makanan ini sering sekali muncul di drama – drama korea sehingga banyak penontonnya yang penasaran gimana sih rasanya yang sebenarnya. Hmm menurut aku sih, enak banget. Ya di antara makanan korea yang lain menurutku makanan ini yang jadi salah satu makanan yang sesuai dengan lidah orang Indonesia yang suka rasa yang kuat. Bibimbap ini disajikan dalam hot bowl (gimana ya artiinnya dalam bahasa Indonesia…hmm bingung, ya pokoknya bgitulah) terus di dalamnya diisikan nasi bersama dengan beberapa sayuran seperti wortel, tauge, mentimun, bayam dan lain – lain juga daging sapi, tofu dan telur mata sapi. Makanan ini disajikan dengan gochujang (pasta cabai khas korea) dan biasanya gochujang ini dihidangkan terpisah karena digunakan sesuai selera masing – masing, bagi yang suka pedas seperti saya pasti pakai banyak gochujang, hahha. Dan biasanya juga semua yang ada di dalam hot bowl tersebut diaduk – aduk jadi satu bersama gochujang sebelum dimakan. 


Untuk bahan – bahan yang digunakan sebagai berikut :

· Daging sapi sebanyak ¼ kg, dipotong kecil memanjang

· Tauge sebanyak 100 gr

· Bayam sebanyak 100 gr

· Jamur tiram atau jamur shitake sebanyak 3 buah

· Rumput laut kering sebanyak 1 lembar

· Wortel sebanyak 1 buah ukuran kecil

· Mentimun 1 buah ukuran kecil

· 1 butir telur

· Minyak wijen 2 sendok makan

· Gula halus 1 sendok makan

· Biji wijen 1 sendok makan

· Merica secukupnya

· Gochujang secukupnya, ini bisa dibeli di G*ant atau L*tte Mart

· Nasi sebanyak 3 centong



Cara Membuat Bibimbap sebagai berikut :

· Pertama – tama daging sapi yang sudah bersih dan dipotong – potong dibumbui dengan garam, gula dan merica secukupnya kemudian di tumis hingga matang dan daging tersebut empuk serta tambahkan sedikit minyak wijen untuk menambahkan rasa dagingnya.

· Mentimun, wortel dan jamur dipotong – potong berbentuk panjang seperti korek api kemudian rendam dengan air sebentar selanjutnya diangkat dan berikan garam secukupnya.

· Kemudian tumis mentimun, wortel dan jamur dengan minyak zaitun dengan api sedang.

· Jika anda memiliki hot bowl maka sebelum nasi dimasukkan ke dalam hot bowl tersebut, hot bowlya dipanaskan terlebih dahulu kemudian masukkan sedikit minyak wijen ke dalam tempat tersebut setelah itu baru nasi dimasukkan ke dalam hot bowl dan pecahkan telur di dalamnya, masak sebentar dan matikan apinya.

· Nah untuk yang ga punya hot bowl ga perlu khawatir, letakkan saja nasi panas ke dalam mangkok dan beri sedikit minyak wijen kemudian dicampurkan hingga rata.

· Letakkan sayur – sayuran di atas nasi yang telah diletakkan tadi, cara peletakannya biasanya berporos ditengah jadi masing – masing bahan disusun rapih mengelilingi dengan telur mata sapi dijadikan pusatnya.

· Untuk gochujangnya, sebelum dicampur ke dalam campuran itu, campurkan dulu gochujang dengan minyak wijen, biji wijen dan juga sedikit gula, aduk hingga rata dan masukkan campuran govhujang ini ke dalam mangkok yang berisi nasi dan bahan – bahan lainnya tadi.

· Bibimbap siap dinikmati. Jangan lupa dicampur ya sebelum dimakan.


b
Previous
Next Post »