Resep Makanan Korea : Resep Mandu atau Pangsit Korea



Resep Makanan Korea : Resep Mandu atau Pangsit Korea-Mendengar mandu kalau di Indonesia seperti siomay atau pangsit isi dan kalau di jepang atau di cina mungkin seperti dimsum. Jajanan korea yang satu ini sangat digemari di sana bukan saja di kalangan orang – orang korea tetapi juga orang – orang pendatang sangat menyukai menu yang satu ini. penyajian mandu memang sedikit berbeda dengan siomay dengan saus kacangnya atau dimsum yang dimakan langsung dengan saus. Untuk mandu biasanya juga disajikan dengan kuah terpisah. Kemudian mandu berbeda dengan siomay atau dimsum karena mandu ini digoreng. Apapun itu makanan ini sangatlah disukai orang dan biasanya dimakan sebagai camilan di malam atau siang hari.
belajar masak korea, korean dumpling, makanan korea, mandu, masakan korea, pangsit korea, resep makanan korea, resep mandu, resep masakan korea
Bahan – bahan yang diperlukan seperti di bawah ini :
·         Daging sapi sebanyak 600 gram, dicincang halus
·         Bawang putih sebanyak 7 siung, dicincang halus
·         Jamur shitake atau jamur kancing sebanyak 5-6 buah, dicincang juga
·         Bawang Bombay sebanyak 1 buah, dicincang halus
·         Tofu sebanyak 1 bungkus (bisa dibeli di swalayan, ukuran kecil atau sedang)
·         Daun bawang sebanyak 3 batang, diiris halus
·         Garam secukupnya
·         Gula secukupnya
·         Merica bubuk sesuai selera
·         Minyak wijen 5 sendok makan
·         Saus ikan 1 sendok makan
·         Kecap asin sebanyak 1 sendok makan
·         Telur 2 butir
·         Kulit pangsit sekitar 60 lembar
Langkah – langkah membuat isiannya seperti di bawah ini :
·         Pertama menyiapkan mangkok atau wadah ukuran besar kemudian masukkan daging cincang ke dalam wadah tersebut kemudian masukkan garam, 2 sdm minyak wijen, dan merica bubuk selanjutnya diaduk – aduk sampai merata.
·         Jamur yang sudah dicincang bersama dengan irisan bawang Bombay dimasukkan ke dalam mangkok kecil. Kemudian tambahkan minyak ikan dan kecap asin kemudian gula juga minyak wijen ke dalam mangkok kecil tersebut, aduk – aduk dengan tangan sambil diremas kemudian satukan ke dalam wadah yang berukuran besar sebelumnya.
·         Berikutnya keluarkan tofu dan masukkan ke dalam mangkok terpisah sambil dihancurkan dengan sendok kemudian masukkan ke dalamnya sedikit garam dan 1 sdm minyak wijen kemudian aduk – aduk sampai rata. Selanjutnya masukkan ke dalam wadah besar tadi.
·         Terakhir masukan daun bawang, bawang putih cincang juga 2 butir telur yang telah dikocok sebelumnya ke dalam wadah besar tadi kemudian semua bahan diaduk – aduk sampai merata dengan begitu isian sudah siap.
belajar masak korea, korean dumpling, makanan korea, mandu, masakan korea, pangsit korea, resep makanan korea, resep mandu, resep masakan korea


Langkah – langkah mebuat mandu goreng seperti di bawah ini :
·         Pertama – tama menyiapkan kulit pangsit, ambil satu lembar kulit pangsit kemudian letakkan satu sendok isian mandu di bagian tengah kemudian lipat kulit pangsit selanjutnya tempelkan air dingin di setiap sudut sehingga kulit pangsit bisa saling menempel agar membentuk seperti bulan sabit, lakukan  ini sampai semua bahan habis.
·         Siapkan penggorengan kemudian masukkan minyak secukupnya dan nyalakan api kecil setelah minyak panas kemudian masukan mandu ke dalam penggorengan, goreng di kedua sisi sampai mandu berwarna kuning keemasan. Kemudian diangkat letakkan di piring. Siap dinikmati dengan saus sambal atau cuka pempek.
belajar masak korea, korean dumpling, makanan korea, mandu, masakan korea, pangsit korea, resep makanan korea, resep mandu, resep masakan korea


Langkah membuat mandu kuah seperti di bawah ini (opsional) :
·      Siapkan panci kecil kemudian masukkan 6 gelas air dan teri sebanyak 8 buah masukkan juga ke dalamnya irisan jamur sebanyak 2  buah serta bawang Bombay ½ suing. Masak sampai sekitar 20 hingga 30 menit atau sampai mendidih dan airnya berkurang.
·         Setelah itu, kecilkan api kemudian masukkan saus ikan sebanyak 1 sdm, 2 siung bawang putih cincang, sedikit garam, irisan daun bawang sebanyak 1 batang, masukkan beberapa mandu goreng tadi dan juga pecahkan 1 butir telur ke dalam panci tersebut aduk rata dan masak hingga mandu mengapung, dengan itu mandu kuah siap dihidangkan. Untuk menambah rasa pedas bisa menambahkan bubuk cabai ke dalamnya sesuai selera.

Baca juga :

Previous
Next Post »