Masakan Korea : Dwenjang Jjigae atau Soybean Paste Stew

Masakan Korea : Dwenjang Jjigae atau Soybean Paste Stew-Dwenjang Jjigae ini merupakan salah satu masakan Korea tradisional. Menggunakan pasta khasnya orang – orang Korea yaitu pasta kacang yang difermentasikan yang mana pasta tersebut dimasak bersama sayuran yang sering sekali digunakan di Korea seperti zucchini sejenis labu – Labuan dan juga lobak kemudian ditambahkan juga dengan lembutnya tofu yang lembut. Biasanya juga dalam penyajiannya masakan ini dilengkapi atau bersama dengan daging sapi, iga sapi atau juga ikan panggang. Enaknya masakan ini sangat bergantung sekali dengan soybean paste nya atau disebut dwenjang karena itulah yang menjadi bumbu utama di kuahnya. Untuk di Indonesia kemungkinan agak kesulitan untuk mencari dwenjangnya tetapi kamu bisa membelinya di beberapa toko online bahan – bahan makanan Korea ataupun di Lo**e mart. Langsung aja yuk kita lihat cara membuatnya di bawah ini.
Bahan – bahan yang diperlukan seperti di bawah ini :
· Dwenjang atau soybean paste sebanyak 3 sendok makan
· Teri kering sebanyak 20 buah, jangan lupa pilih teri yang bagus, bersihkan isi perut dan kepalanya, cuci dan tiriskan
· Kerang atau remis sebanyak 300 gram
· Air sebanyak 3 gelas
· Bawang putih cincang sebanyak 2 sendok makan
· Cabai bubuk sebanyak 1 sendok makan (atau sesuai selera)
· Lobak sebanyak 1 buah ukuran kecil
· Zucchini sejenis labu sebanyak ¼ buah
· Bawang Bombay sebanyak 1 buah
· Cabai merah besar sebanyak 2 buah, diiris serong
· Cabai hijau besar seabnyak 2 buah, diiris menyerong
· Daun bawang sebanyak 1 batang ukuran besar, diiris tipis
· Tofu atau tahu (tapi pilih yang enak ya) sebanyak 1 buangkus ukuran kecil, potong bentuk dadu

Langkah Pembuatan Dwenjang Jjigae sebagai berikut :
· Pertama – tama menyiapkan kerang terlebih dahulu, jika kerangnya masih segar atau masih hidup sebaiknya direndam dulu di dalam air yang diberi garam selama semalaman sehingga pasir – pasirnya akan keluar dari kerang – kerang tersebut. Setelahnya cuci bersih kembali dan ditiriskan kemudian sisihkan terlebih dahulu.

· Siapkan panci kemudian masukkan 3 gelas air ke dalamnya selanjutnya nyalakan api, tambahkan pula teri yang telah disiapkan sebelumnya ke dalam panci tersebut masak sampai airnya mendidih sekitar 15 menit, setelah itu, biasanya orang Korea mengeluarkan teri tersebut dari pancinya karena hanya ingin mendapatkan aroma kuah yang diinginkan.
· Berikutnya kecilkan api menggunakan api sedang lalu masukkan soybean paste atau dwenjang ke dalam panci tersebut (karena tekstur dwenjangnya agak kasar biasanya juga orang Korea menyaringnya sehingga kuahnya nanti tidak aka nada endapan. Masak selama 3 menit.
· Selanjutnya masukkan juga ke dalam panci tersebut bubuk cabai, bawang putih cincang irisan bawang Bombay, zucchini dan juga lobak, masak sampai lobaknya matang.
· Lalu masukkan ke dalam panci tersebut kerangnya sampai semua kerangnya terbuka.
· Terakhir masukkan tofu, irisan cabai merah, cabai hijau dan daun bawang ke dalamnya, aduk hingga rata, masak sekitar 2 menit lagi.
· Dwenjang jjigae siap dihidangkan dan dinikmati.

Baca juga :
Previous
Next Post »