Tata Bahasa Korea: Keterangan Waktu Dalam Bahasa Korea

Tata Bahasa Korea: Keterangan Waktu Dalam Bahasa Korea-Sebelumnya aku udah pernah posting artikel tentang penggunaan keterangan waktu waktu dalam bahasa Korea di dalam percakapan. Kali ini aku juga akan menulis hal yang serupa tapi tidaklah sama. Ini karena penggunaan di dalam percakapan yang sedikit berbeda dengan sebelumnya. Keterangan waktu yag dimaksud dalam artikel ini adalah keterangan waktu berupa jam yang sering sekali kita katakana di dalam sebuah percakapan terutama mengenai kegiatan sehari – hari yang kita lakukan. Waktu sendiri di dalam bahasa Korea disebut yang dibaca sigan. Keterangan waktu yang umum kita ketahui adalah pagi siang dan malam namun di dalam bahasa Korea ada beberapa jenis pagi, siang dan juga malam bergantung dari jam atau pukul berapanya dan biasanya memeang keteragan pagi, siang dan malam ini di dalam bahasa Korea dituliskan bersamaan dengan keterangan waktu atau jam yang lebih rinci atau detail.

Saat orang bertanya kepada kita, jam berapa sekarang? Dalam bahasa Indonesia kita kemungkinan menjawab jam 15.30 pm misalnya. Kalau diartikan itu jam setengah 4 sore atau jam 3 lewat 30 menit di sore hari. Dalam bahasa korea jam ditulis 시 yang dibaca shi kemudian menit ditulis yang dibaca bun dan detik sendiri ditulis yang dibaca cho. Kata shi, bun dan cho selalu ditulis setelah angka yang menunjukkan jam, menit dan detik. Kemudian biasanya di dalam kalimat atau dialog juga disertakan keterangan pagi, siang, sore, malam atau bahkan dini hari. Untuk penggunaan bilangannya baik itu jam, menit ataupun detik berbeda. Untuk jam bilangan yang digunakan adalah bilangan asli Korea sedangkan untuk menit menggunakan bilangan Cina atau Sino. Banyak yang masih bingung tentang penggunaan bilangan ini tetapi memang seperti itu, untuk keperluan yang menggunakan angka dalam jumlah yang sedikit atau kecil maka biasanya akan menggunakan bilangan korea tetapi ketika angka yang digunakan dalam jumlah yang besar atau banyak maka digunakan bilangan Cina atau Sino. Dari pada kamu bingung, yuk kita lihat langsung contoh penggunaan bilangan ini dalam percakapan mengenai waktu di bawah ini.
Minho              : 태민 아, 지금 몇 시이니까?
Dibaca               Taemin ah, jigeum myeot shi imnikka?
Artinya               Taemin, sekarang jam berapa?
Taemin            :  열두 시 입니다
Dibaca               yeol du shi imnida
Artinya               jam 12

Kemudian contoh yang ada menitnya dan keterangan pagi, siang atau malam, seperti di bawah ini.

Suho                : 찬열 아 지금 몇 시이니까?
Dibaca               Chanyeol ah, jigeum myeot shi imnikka?
Artinya               Chanyeol, sekarang jam berapa?
Chanyeol         : 오후 세시 사십오분 입니다
Dibaca               Ohu se shi sashibo bun imnida
Artinya               jam 3 lewat 45 menit sore atau 15.45 pm
Nah sekarang udah lumayan ngerti kan?? Yang perlu diingat untuk jam menggunakan bilangan asli sedangkan menit pakai bilangan Cina dan dibelakang jam selalu diikuti Shi sedangkan dibelakang menit selalu diikuti bun. Semoga bermanfaat ya chinggu…annyeong!!

Baca juga : 
Previous
Next Post »