Bindaetteok : Camilan Sejenis Pancakes Khas Korea Selatan



Bindaetteok : Camilan Sejenis Pancakes Khas Korea Selatan-Sebelumnya aku udah pernah Posting camilan dari korea berupa pankaces yang dibuat berbahan dasar daun bawang nah untuk kali ini aku mau kasih cemilan juga yang disebut bindaetteok (빈대떡). kekhasan pancake yang satu ini karena dibuat dari bahan kacang kedelai dan beras yang dihaluskan kemudian dicampur dengan berbagai bahan seperti daging sapi, kimchi, beberapa sayuran dan juga telur ayam yang dicampur menjadi satu kemudian digoreng untuk dapat dinikmati. Bindaetteok ini merupakan cemilan korea yang sangat popular dan merupakan salah satu jajanan yang banyak dijajakan atau dijual di pasar, jalanan sampai pada warung – warung tenda di korea selatan. Umumnya orang – orang korea selatan menikmatinya bersama dengan minuman beralkohol khas korea yaitu makgeolli. Tetapi untuk budaya Indonesia tentunya minuman beralkohol merupakan minuman yang haram untuk diminum apalagi yang beragama islam namun kita bisa menikmatinya bersama dengan the ataupun kopi. Nah untuk resepnya langsung aja kita lihat di bawah ini.

 



Bahan – bahan yang dibutuhkan seperti berikut ini :
· Kacang kedelai sebanyak 2 ½ gelas
· Beras Ketan putih sebanyak ½ gelas
· Tepug terigu sebanyak 2 sendok makan
· Air secukupnya
· Soy sauce sebanyak 2 sendok makan
· Cuka sebanyak 1 sendok teh
· Daging sapi sebanyak 100 gram, cuci bersih iris kecil - kecil
· Kimchi putih sebanyak 50 gram, iris tipis
· Tauge sebanyak 200 gram
· Telur ayam sebanyak 2 buah
· Daun bawang sebanyak 4 batang, iris tipis
· Bawang putih sebanyak 4 siung, dihaluskan
· Garam secukupnya
· Lada bubuk secukupnya
· Minyak wijen sebanyak 2 sendok teh
· Cabai merah besar 2 buah, iris tipis menyerong
· Minyak goreng secukupnya
Langkah – langkah pembuatan bindaetteok seperti di bawah ini :
· Untuk mendapatkan beras ketan dan kacang kedelai yang halus pertama – tama rendam kacang kedelai dan beras ketan dengan air selama semalaman kemudian tiriskan lalu beras ketan dan kacang kedelai itu diblender hingga halus, sisihkan (setidaknya mendapatkan 3 gelas yang telah halus).
· Siapkan wadah besar, masukkan kacang kedelai dan beras ketan yang telah halus tadi kemudian tambahkan sedikit air dan tepung terigu sehingga menjadi adonan lalu masukkan tauge, irisan kimchi, daging, daun bawang, bawang putih halus, lada bubuk, garam, minyak wijen, irisan cabai merah dan telur ke dalam wadah tersebut, aduk sampai rata.
· Setelah itu, panaskan pan penggorengan masukkan minyak goreng setelah minyak panas masukkan 1-2 sendok adonan ke penggorengan, buat bentuk bulat dan pipih, setelah satu bagian matang ditandai dengan warna keemasan kemudian dibalik goreng hingga warna keemasan. Lakukan proses ini sampai semua adonan habis.
NB : cuka dan soybean sauce dicampur untuk sausnya
· Bindaetteok siap dinikmati. Selamat mencoba chinggu..

 

Previous
Next Post »