Tata Bahasa Korea : Kata Tanya Yang Biasa Digunakan dalam Kalimat Tanya Berbahasa Korea


Tata Bahasa Korea : Kata Tanya Yang Biasa Digunakan dalam Kalimat Tanya Berbahasa Korea-Pada artikel ku kali ini aku akan membahas mengenai penggunaan kata Tanya dalam kalimat bahasa korea, khususnya bagaimana peletakan dan juga penggunaannya di dalam struktur kalimat. Di dalam artikel ini saya akan membahas tiga jenis atau macam kata Tanya yaitu yang pertama 무슨 yang dibaca museum kemudian 어떤 yang dibaca eotteon dan yang terakhir 어느 yang dibaca eoneu. Ke tiga kata Tanya tersebut merujuk pada sesuatu yang dimaksud saat kita mengajukan suatu pertanyaan. Ketiganya merupakan kata Tanya yang sering sekali dipergunakan di dalam kalimat atau percakapan di kehidupan sehari – hari untuk itu dengan mengenalkannya kali ini diharapkan semua pembaca dapat memanfaatkannya atau menggunakannya dalam percakapan suatu saat nanti. Nah dari pada kalian bingung, yuk langsung aja kita lihat bagaimana sih sebenarnya penggunaannya di dalam kalimat khususnya kalimat tanya di bawah ini.

 

무슨 yang dibaca Museun, biasanya digunakan ketika menanyakan suatu kejadian, hal ataupun menanyakan suatu benda. Contohnya seperti ini :
 써니씨, 무슨 일이 있었어요?
Dibaca                         : Sunny ssi, museum irri isseosseoyo?
Artinya                         : Sunny, (kamu) ada masalah apa?
 희철어빠, 이게무슨냄새입니까?
Dibaca                         : Heechul oppa, igae museum nemseimnikka?
Artinya                         : Kak Heechul, bau apa ini?
Kata Tanya yang ke dua 어떤 yang dibaca eotteon, digunakan untuk menanyakan cirri dari sebuah benda, keadaan dan juga sifat. Contoh – contohnya seperti berikut ini :
 이특어빠, 그는어떤사람이에요?
Dibaca                         : Leeteuk oppa, geuneu eotteon saramiyaeyo?
Artinya                         : Kak Leeteuk, dia orang yang bagaimana?
 싱원 씨, 어떤생각을갖고있어요?
Dibaca                         : Siwon ssi, eotteon senggakeul gatgu isseoyo?
Artinya                         : Siwon, apa yang sedang kamu pikirkan?
Berikutnya 어느 yang dibaca eoneu, dimana kata Tanya ini dipergunakan untuk menanyakan salah satu di antara beberapa hal. Dari pada bingung liat aja contohnya dibawah ini :
 보아씨, ㅅㄴ과바다중에서어느곳을더좋아합니까?
Dibaca                         : Boa ssi, san gwa bada jungeso eoneu kotteul deo choahamnikka?
Artinya                         : Boa, (kamu) suka yang mana pegunungan atau laut?
 윤호 씨, 도서관이어느쪽이에요?
Dibaca                         : Yunho ssi, doseokwani eoneu jjokiyaeyo?
Artinya                         : Yunho, perpustakaan ada di sebelah mana ya?

Itu dulu ya materinya, artikel selanjutnya aku akan bahas materi yang lebih menarik, penting dan juga bermanfaat tentunya bagi chinggu deul yang sedang belajar bahasa Korea tentunya. NB : di dalam contoh kalimat terutama dibagian akhir aku menggunakan dua jenis bentuk yaitu yo dan imnika sebenarnya dua - duanya sama - sama bisa digunakan untuk bertanya hanya saja imnika digunakan ketika kalimat kita lebih formal atau sopan meskipun yo juga sopan.

Previous
Next Post »