Jjim Ddak, Masakan Korea Berbahan Dasar Ayam dari Korea



Jjim Ddak, Masakan Korea Berbahan Dasar Ayam dari Korea-Jjim Ddak merupakan salah satu masakan khas dari negeri ginseng Korea Selatan. Jjim Ddak ini dibuat dari potongan daging ayam, kentang juga wortel yang dimasak dengan beberapa bumbu sehingga rasa sausnya manis dan sedikit pedas kemudian biasanya juga ditambahkan bihun atau soun ke dalam masakan ini. masakan ini biasa disajikan untuk makan siang atau pun makan malam tentunya bersama dengan nasih putih. Orang – orang korea selatan sangat menikmati makanan ini. apa salahnya buat chinggu yang mau coba buat bisa baca dan ikutin resep yang aku buat di bawah ini.

jajanan korea, jjim ddak, makanan korea, masakan ayam, masakan korea, resep jjim ddak, resep makanan korea, resep masakan korea
Bahan yang diperlukan :
·         1 ekor Ayam seberat 1 kg, dipotong sesuai selera tetapi jangan terlalu besar (8-10 potong) kemudian dicuci bersih
·         Susu cair plain secukupnya untuk merendam daging ayam
·         Kentang sebanyak 2 buah, kupas dan dipotong dadu
·         Wortel sebanyak 300 gram, dibersihkan dan dipotong tipis atau sesuai selera
·         Bawang Bombay sebanyak 1 buah, diiris tipis seperti biasanya
·         Bihun atau soun sejumlah 100 gr
·         Daun bawang sejumlah 1 batang, diiris tidak terlalu tipis
Bahan kuahnya seperti di bawah ini :
·         Lada hitam sebanyak 1 sdm
·         Air sejumlah 5 gelas
·         Daun bawang sebanyak 1 batang, iris tipis
·         Bawang putih sebanyak 5 siung, digeprek
Bahan sausnya seperti di bawah ini :
·         Kecap asin atau soy sauce secukupnya
·         Gula secukupnya
·         Bubuk cabai sesuai selera
·         Larutan maizena untuk mengentalkan sausnya cukup 2 sendok makan
Langkah – langkah pembuatannya seperti di bawah ini :
·         Langkah pertama yang dilakukan merendam Ayam yang telah dipotong ke dalam susu cair plain selama kurang lebih 20 menit
·         Sambil menunggu, rendam bihun atau soun juga ke dalam air selama kira – kira 20 menit
·         Setelah 20 menit, angkat ayam kemudian dicuci dengan air bersih hingga tidak ada susu lagi kemudian tiriskan. Setelahnya bumbui ayam dengan memberikan lada hitam ke ayam hingga rata. Sisihkan.
·         Selanjutnya untuk membuat kuah, didihkan air di dalam panci kemudian setelah mendidih masukkan bawang putih dan daun bawangnya kemudian masukkan juga potongan ayam yang dibumbui lada hitam tadi, tunggu sampai mendidih lagi dan kuahnya agak mongering serta daging ayam sudah terlihat melunak sekitar 15 menit.
·         Setelahnya, tiriskan ayam dan kuah rebusan tadi disisihkan terlebih dahulu.
·         Langkah berikutnya, membuat sausnya. Ambil mangkok besar kemudian masukkan kuah kaldu rebusan ayam tadi tambahkan pula soy sauce, gula juga bubuk cabai ke dalam mangkok tersebut, aduk rata.
·         Masukkan saus tersebut ke panci masukkan kentang, wortel dan bawang Bombay ke dalam panci tersebut masak juga bersama ayam ke dalamnya dengan api sedang hingga 10 sampai 15 menit.
·         Ketika kentang, wortel dan ayam terlihat matang masukkan larutan maizena untuk mengentalkan kuah ini, aduk rata dengan api kecil kemudian masukkan bihun yang telah direndam tadi bersama dengan irisan daun bawang ke dalam panci tersebut, aduk sampai rata kemudian matikan api dan siap dihidangkan.

jajanan korea, jjim ddak, makanan korea, masakan ayam, masakan korea, resep jjim ddak, resep makanan korea, resep masakan korea
Baca juga :
1 Resep Kimbap

Previous
Next Post »