Masakan Korea : Galbitang (Sop Iga Khas Korea)

Masakan Korea : Galbitang (Sop Iga Khas Korea)-Masakan khas Korea yang satu ini disebut Galbitang (갈비탕). Galbitang sendiri di Korea selatan termasuk menu masakan yang mewah dan biasanya disajikan dalam acara atau upacara khusus seperti acara atau resepsi pernikahan. Hal ini tetntunya dikarenakan harga daging iga sapi yang memang cukup tinggi. Galbitang dibuat dengan menggunakan iga sapi yang dimasak berkuah jernih. Daging iga sapinya terlebih dahulu direbus bersama dengan lobak, bawang Bombay, bawang putih dan juga jahe sampai daging iga sapinya melunak setelahnya baru daging tersebut diolah kembali untuk dibuat galbitang. Galbitang ini sendiri tidak hanaya berisi daging iga sapi saja tetapi juga dicampur bersama bihun. Sebenarnya menu masakan galbitang ini cukup mudah untuk dibuat yang penting kita tau trik untuk membuatnya sehingga mendapatkan kuah yang benar – benar jernih dan rasanya tentunya enak. Yuk langsung aja kita lihat resepnya.
belajar makanan korea, belajar masakan korea, cara membuat galbitang, galbitang, makanan korea, masakan korea, resep galbitang, resep kalbitang, resep makanan korea, resep masakan korea

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat galbitang seperti ini :
· Iga sapi sebanyak 1 kg, dipotong – potong sehingga ukurannya mudah untuk dimakan
· Lobak sebanyak 300 gram atau 1 buah ukuran besar, cuci bersih potong besar - besar
· Bawang Bombay sebanyak 1 buah
· Daun bawang ukuran besar sebanyak 2 batang, diiris besar - besar
· Bawang putih sebanyaj 8 siung, digeprek
· Jahe seukuran 2 cm, kupas dan iris tipis
· Soy sauce untuk soup sebanyak 2 sendok makan
· Garam secukupnya
· Lada bubuk secukupnya
· Bihun sebanyak 100 gram, direndam dalam air panas selama 20 – 30 menit
· Bawang putih cincang sebanyak 1 sendok makan
· Daun bawang sebanyak 2 batang, diiris menyerong

Langkah – langkah pembuatan galbitang seperti berikut ini :
· Pertama – tama iga sapi yang telah dipotong – potong sebelumnya direndam di dalam air dingin selama satu jam, ganti airnya setiap setengah jam, setelah itu ditiriskan.
· Siapkan panci besar kemudian isi dengan air dan direbus dengan menggunakan api besar, setelah airnya mendidih masukkan iga sapi ke dalamnya dan biarkan dimasak sampai airnya mendidih lagi kemungkinan sekitar 7 menitan.
· Buang semua air rebusan iga sapi tadi kemudian bilas dengan air bersih yang mengalir dan bersihkan pancinya juga.
· Masukkan kembali iga yang telah dibilas tadi kembali ke dalam panci kemudian masukkan 14 gelas air bersih, lobak, bawang Bombay, bawang putih dan juga jahe ke dalam panci tersebut. Masukkan pula soy sauce untuk soup dan juga garam ke dalamnya. Rebus selama 30 menit dengan tidak ditutup menggunakan api besar.
· Selanjutnya kurangi apinya hingga api rendah sampai sedang, kemudian buang atau keluarkan semua sayuran dan bumbu tadi dari dalam panci dan tambahkan air panas sebanyak 2 gelas, lanjutkan masak dengan panci ditutup sekitar satu jam sampai 1 ½ jam sampai dagingnya melunak.
· Berikutnya buka tutup panci dan masukkan bawang putih cincang dan juga bihun yang sebelumnya telah disiapkan serta tambahkan pula lada bubuk, garam dan lobak yang sebelumnya dikeluarkan tadi tetapi dipotong – potong ke ukuran yang lebih kecil lagi, biarkan mendidih dan buang lemak yang ada di permukaan kuah kemudian matikan apinya.
· Hias dengan irisan daun bawang dan galbitang siap dinikmati dengan nasi hangat.

Previous
Next Post »