Tata Bahasa Korea : Penggunaan Akhiran dalam Kalimat



Tata Bahasa Korea : Penggunaan Akhiran dalam Kalimat-Artikel kali ini akan membahas mengenai penggunaan akhiran di dalam kalimat dimana akhiran yang dimaksudkan di dalam artikel ini akan disematkan atau diletakkan setelah atau dibelakang dan atau bersama – sama kata kerja atau kata sifat. Tujuan akhiran ini adalah untuk mengungkapkan pikiran seseorang, menyatakan sebuah pernyataan atau bisa juga untuk bertanya di dalam kalimat bahasa korea. Sebenarnya di dalam kalimat – kalimat contoh yang selama ini telah dituliskan di dalam artikel – artikel sebelumnya telah ada atau telah menggunakan akhiran kalimat yaitu ㅂ/습니다 dibaca –seumnida atau ㅂ/습니까 dibaca –seumnikkka untuk formalnya sedangkan 아요 dibaca –ayo atau   어요 dibaca –eoyo untuk percakapan yang lebih santainya. 

 
akhiran dalam kalimat bahasa korea, bahasa korea untuk pemula, belajar bahasa korea, belajar bahasa korea untuk pemula, belajar penggunaan akhiran kalimat dalam bahasa korea, tata bahasa korea

Nah untuk -아요 dibaca –ayo dan 어요 dibaca –eoyo sendiri terdapat peraturan di dalam penggunaannya jika disematkan dengan kata kerja dan kata sifat. Untuk dibaca -아요 dibaca –ayo digunakan jika bentuk dasar kata kerja atau kata sifat diakhiri dengan huruf vocal ㅏ, ㅗ dibaca a dan o sedangkan untuk 어요 dibaca –eoyo digunakan jika bentuk dasar kata kerja atau kata sifatnya tidak diakhiri dengan huruf vocalㅏ, ㅗ dibaca a dan o. khusus untuk akhiran  하다 dibaca hada dapat disingkat menjadi 해요 dibaca haeyo. Agar lebih jelas dapat dilihat contohnya di bawah ini.


Yoo Jaesuk (유재석)     : 이효리씨, 지금 무엇을해요?
Dibaca                              Lee Hyori Ssi, jigeum myeoseul haeyo?
Artinya                              Lee Hyori, sekarang (sedang) melakukan apa?
Lee Hyori (이효리)       :  집에서 음식이만들해요
Dibaca                              Jibeseo eumshiki mandeulhaeyo
Artinya                              membuat makanan di rumah
Apa bila kata dasar dari kata kerja dan kata sifat berakhiran vocal maka vocal ganda akan dihilangkan atau disingkat menjadi satu suku kata. Biar ga bingung lihat contoh di bawah ini deh.
 가다 가아요 가요
Dibaca             : gada → ga a yo → gayo
Contohnya       : 하하씨가 다음주에여행을가요
Dibaca               Haha ssi ga daeumju e yeohaengeul gayo
Artinya              Haha pergi berwisata minggu depan

 보다 보아요 봐요
Dibaca            : boda → bo a yo → bwayo
Contohnya      : 유재석씨가 극장에서 영화를봐요
Dibaca              Yoo Jaesuk ssi ga geukjangeseo yonghwareul bwayo
Artinya              Yoo Jaesuk menonton film di bioskop

akhiran dalam kalimat bahasa korea, bahasa korea untuk pemula, belajar bahasa korea, belajar bahasa korea untuk pemula, belajar penggunaan akhiran kalimat dalam bahasa korea, tata bahasa korea

 마시다 마시어요 마셔요
Dibaca             : masida → masi o yo → masyoyo
Contohnya       : 이광수씨가 카페에서커피를마셔요
Dibaca               Lee Gwangsoo ssi ga kaphe eso kophireul masyoyo
Artinya               Lee Gwangsoo minum kopi di kafe

Nah untuk artikel kali ini cukup segitu aja deh materinya, dari pada kamu malah bingung. Sebenarnya masih ada juga akhiran yang digunakan pada kata benda tetapi kayaknya nanti aja deh dilanjutinnya biar kchinggu deul ga bingung dengan materi ini. semoga artikel kali ini membantu chinggu deul yang lagi giat – giatnya belajar bahasa Korea ya.. Annyeong!

Baca juga : 
Previous
Next Post »