Masakan Korea : Yukgaejang Daging Sapi dengan Kuah Pedas



Masakan Korea : Yukgaejang Daging Sapi dengan Kuah Pedas-Yukgaejang merupakan masakan Korea yang berkuah dengan rasa pedas, di dalamnya berisi irisan daging sapi dengan sayuran sehingga masakan ini sangat bergizi. Di Korea sendiri, makanan ini menjadi makanan sehat untuk menambah stamina atau energy terutama ketika mereka berada di musim panas tetapi makanan ini juga sangat baik dikonsumsi ketika musim dingin apa lagi ketika kalian merasa kalau tubuh kalian dalam kondisi yang kurang fit. Dalam sejarah di zaman dahulu kala, makanan ini termasuk ke dalam makanan kerajaan Korea dan hingga saat ini masih sangat digemari oleh orang – orang Korea.

 

Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuah seperti di bawah ini :
·         Daging sapi sebanyak 600 gram
·         Bawang Bombay sebanyak 1 buah ukuran besar, kupas dan diiris tipis
·         Daun bawang sebanyak 2 batang, cuci bersih dan diiris – iris besar
·         Merica bubuk sebanyak 1 sendok makan
·         Bawang putih sebanyak 5 siung, digeprek
·         Air sejumlah 16 gelas
·         Sedikit garam
Sayurannya :
·         Tauge atau kecambah sebanyak 400 gram
·         Daun bawang sebanyak 3 batang, diiris seperti biasanya
·         Lobak sebanyak 2 buah atau 200 gram, dikupas kemudian diiris sesuai selera
·         Wortel sebanyak 1 buah, diiris sesuai selera
Bumbunya :
·         Bubuk cabai sebanyak 2 sendok makan
·         Minyak wijen sebanyak 4 – 5 sendok makan
·         Soy sauce sebanyak 1 sendok makan
·         Bawang putih cincang sebanyak 1 sendok makan
·         Lada hitam bubuk sebanyak 1 sendok teh
·         Garam secukupnya
·         Minyak sayur sebanyak 3 sendok makan dicampur dengan 1 sdt bubuk cabai (ditumis sebentar kemudian saring dan ambil minyaknya)
Langkah – langkah pembuatan Yukgaejang seperti di bawah ini :
·        Langkah pertama adalah membuat kaldu dari daging sapi caranya dengan merebus potongan besar daging sapi, bawang Bombay, daun bawang, merica juga bawang putih dengan 16 gelas air putih, rebus dengan api besar sampai mendidih kemudian setelah mendidih masak lagi selama 30 menit dengan api sedang sambil ditutup pancinya. Setelah itu matikan api, angkat dan tiriskan daging sapi tersebut.
·         Selanjutnya tauge atau kecambah dicuci bersih setelah itu rebus air sampai mendidih dan masukkan tauge tadi biarkan sekitar 1 menit selanjutnya angkat dan tiriskan.
·         Berikutnya suir – suir daging sapi yang tadi telah direbus dan ditiriskan hingga ukurannya kecil.
·         Langkah berikutnya mencampurkan bumbu – bumbu seperti bubuk cabai, minyak wijen, soy sauce, bawang putih dan bubuk lada hitam menjadi satu di dalam mangkuk kecil sampai rata.
·         Semua irisan sayuran kecuali irisan daun bawang dan suiran daging sapi dijadikan satu di dalam mangkok besar kemudian masukkan 2/3 dari campuran bumbu yang disatukan tadi aduk sampai rata dan didiamkan selama 5 menit, sisihkan.
·         Selanjutnya masak lagi kuah atau kaldu daging yang dibuat tadi dengan api sedang selanjutnya masukkan campuran sayuran dan daging tadi ke dalam kuah tadi bersama dengan sisa campuran bumbu yang dibuat sebelumnya.
·         Kemudian masukkan saringan minyak yang dicampur dengan bubuk cabai yang telah dibuat sebelumnya ke dalam kuah tersebut.
·     Terakhir masukkan irisan daun bawang bersama dengan garam, masak sampai sekitar 10 menit tambahkan air jika dirasa airnya berkurang, masak sampai mendidih.
·         Yukgaejang siap dihidangkan bersama dengan nasi hangat dan kimchi.

Previous
Next Post »