Kue Tradisional Korea Maejakgwa 매작과

Kue Tradisional Korea Maejakgwa 매작과-Setelah 4 hari akhirnya aku bisa nulis artikel lagi nih chinggu.. beberapa hari ini aku banyak urusan dan banyak masalah jadi ga sempat nulis apa – apa tapi hari ini aku mau nulis resep makanan baru nih tentunya makanan Korea dong. Tetapi kali ini aku akan kasih kamu kue atau jajanan tradisional Korea. Kamu bisa lihat kue ini di drama – drama Kolosal Korea (drama – drama yang bercerita tentang sejarah kerajaan di Korea). Meskipun kue tradisional, sampai sekarang pun masyarakat Korea masih membuatnya lho khususnya ketika ada acara – acara penting bagi mereka. Rasa kue ini sangatlah enak, teksturnya renyah dan rasanya manis dan ada sedikit hangat karena ada sedikit rasa jahe di dalamnya. Yang paling penting bentuknya sangatlah unik dan sangat indah untuk dihidangkan. Kalau kamu coba buatnya di rumah pasti sangat menyenangkan, hehehheh (setidaknya menurutku karena di Indonesia ga ada yang bentuknya kayak gitu…^^). 

belajar makanan korea, belajar masakan korea, cara membuat maejakgwa, jajanan korea, maejakgwa, makanan korea, masakan korea, resep kue maejakgwa, resep makanan korea, resep masakan korea

Bahan – bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan maejakgwa seperti di bawah ini :
· Tepung terigu sebanyak 2/3 gelas
· Air sebanyak ¼ gelas
· Jahe seukuran 2 – 3 cm
· Kacang tanah bubuk kasar sebanyak 2 sendok makan
· Gula bubuk secukupnya
· Garam secukupnya
· Minyak goreng secukupnya
· Gula pasir sebanyak ¼ gelas
· Air sebanyak ¼ gelas 
belajar makanan korea, belajar masakan korea, cara membuat maejakgwa, jajanan korea, maejakgwa, makanan korea, masakan korea, resep kue maejakgwa, resep makanan korea, resep masakan korea

Cara membuat maejakgwa yang lezat seperti berikut ini :
· Pertama – tama jahe diparut lalu jahe yang telah diparut tersebut dicampurkan dengan air sebanyak ¼ gelas, biarkan terlebih dahulu. Kemudian buat sirup dengan mencampurkan gula pasir dan ¼ gelas air ke dalam panci kecil lalu dimasak dengan api besar sampai gula pasir menyatu dengan air sambil terus diaduk – aduk. Biarkan sampai mendidih dan ada gelembung lalu kecilkan apinya dan masak sampai agak mengental lalu matikan apinya, pindahkan dari kompor dan tutup pancinya lalu sisihkan agar dingin.
· Berikutnya saring campuran parutan jahe dan air tadi sehingga didapatkan sekitar 4 sendok makan air jahe. Lalu siapkan mangkok, masukkan tepung terigu dan garam, aduk rata lalu masukkan pula air jahe sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung terigu dan garam tadi sambil di aduk agar terbentuk adonan yang kalis, ini dilakukan beberapa menit sampai adonannya memiliki tekstur yang elastis. Kemudian bentuk adonan menjadi bola lalu tutup dengan plastic wrap dan didiamkan sekitar 10 menit.
· Selanjutnya setelah 10 menit, letakkan adonan di atas alas yang rata lalu pipihkan adonan hingga ketebalan 1 - 2 cm lalu potong – potong adonan berbentuk persegi panjang dengan panjang 10 cm dan lebarnya 4 cm sehingga di dapatkan beberapa lembar. Langkah selanjutnya lipat sisi terpanjang dari lembaran – lembaran tersebut menjadi dua. Lalu iris di bagian tengah lebar lembaran – lembaran tersebut. Sehingga ketika dibuka lipatannya aka nada irisan panjang di bagian tengahnya lalu masukkan salah satu sisi ujung yang panjang ke dalam lubang irisan tersebut sampai dua kali masuk (dapat di lihat di gambar), lakukan langkah ini sampai semua lembaran berubah bentuk seperti itu.
· Berikutnya siapkan pan penggorengan dan panaskan minyak goreng secukupnya lalu dengan menggunakan api sedang setelah minyak cukup panas masukkan lembaran yang telah dibentuk tadi ke dalam pan penggorengan (Sebaiknya menggoreng dengan minyak yang banyak sehingga semua permukaan tertutupi minyak), penggorengan dilakukan sekitar 3 menit atau sampai kedua sisi kue berubah warna jadi coklat keemasan. Catatan jangan terlalu sering mengaduk sehingga bentuk kuenya tidak rusak atau berubah. Setelah matang diangkat dan tiriskan dari minyak lalu masukkan ke dalam sirup yang telah dibuat sebelumnya sampai semua permukaan kue tertutupi sirup lalu pindahkan kue tersebut di tempat lain kemudian hias bagian atasnya dengan sedikit kacang tanah bubuk, lakukan untuk semua kuenya. Jika tidak suka kacang bisa ditaburkan gula bubuk di atasnya.
· Selamat mencoba chinggu…^^
Sujebi
Previous
Next Post »