Seolleongtang 설렁탕 atau Sop Tulang Sapi

Seolleongtang 설렁탕 atau Sop Tulang Sapi-Resep masakan kali ini adalah Seolleongtang 설렁탕 atau dalam bahasa inggris lebih dikenal dengan beef bone soup ya Indonesianya sop tulang sapi. Masakan berkuah yang satu ini dibuat daritulang kaki sapi yang direbus hingga beberapa jam sehingga mendapatkan kaldu yang gurih dan kental berwarna putih. Di Korea biasanya sop ini disimpan dan dijadikan persediaan makanan selama musim dingin. Memang untuk membuatnya membutuhkan waktu yang cukup lama namun sebenarnya tidak terlalu sulit membuatnya sehingga dapat dikerjakan berbarengan saat mengerjakan pekerjaan lainnya. Lamanya waktu untuk membuat Seolleongtang 설렁탕 ini terbayar dengan rasa sopnya yang sangat lezat. Sejarahnya Seolleongtang 설렁탕 mulai dibuat ketika masa kejayaan raja Seonjong dari dinasti Jeseon. Saat itulah Seolleongtang 설렁탕 dibuat. Seolleongtang 설렁탕 sendiri merupakan masakah yang berkuah kaldu dan kaldu tersebut dapat dijadikan dasar kuah untuk beberapa masakan Korea lainnya seperti miyeokguk, doenjangguk, manduguk dan lain – lain. Berbeda dengan kaldu lainnya yang hasilnya berwarna kecoklatan namun Kuah/kaldu Seolleongtang 설렁탕berwarna putih seperti susu, tentunya yang menjadi pertanyaan mengapa bisa berwarna putih susu? Yang membedakannya adalah besar api ketika memasaknya. Untuk mendapatkan kuah kaldu yang bersih, tulang direbus dengan api kecil sehingga kaldunya tidak sampai mendidih dengan cepat tetapi dengan lambat. 

belajar makanan korea, belajar masakan korea, cara membuat Seolleongtang, makanan korea, masakan korea, resep makanan korea, resep masakan korea, resep Seolleongtang, Seolleongtang, sop tulang kaki sapi
Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat Seolleongtang 설렁탕 seperti berikut ini :
· Tulang kaki sapi sebanyak 3 – 4 kg, potong – potong
· Daging sapi sebanyak 1 – 2 kg, iris sesuai selera
· Untuk penyajian diperlukan :
· Nasi putih hangat secukupnya
· Somyeon atau bihun secukupnya
· Irisan daun bawang secukupnya
· Garam dan merica bubuk sesuai selera 
belajar makanan korea, belajar masakan korea, cara membuat Seolleongtang, makanan korea, masakan korea, resep makanan korea, resep masakan korea, resep Seolleongtang, Seolleongtang, sop tulang kaki sapi

Langkah pembuatan Seolleongtang 설렁탕 seperti di bawah ini :
· Pertama kita melakukan persiapan dengan merendam tulang ke dalam air dingin dengan tujuan agar darah dapat keluar sebanyak mungkin, ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam atau lebih, kemudian bilas berkali – kali dan tiriskan. Sambil menunggu lakukan hal yang sama terhadap daging sapi selama 2 jam lalu bilas dan tiriskan lalu simpan di dalam lemari es.
· Siapkan panci besar atau langseng kemudian masukkan tulang kaki sapi yang telah direndam tadi dan juga air dingin secukupnya sampai menutupi semua tulang sapi kemudian masak hingga mendidih dengan api besar lalu kurangi apinya menjadi sedang dan biarkan mendidih selama 5 menit. Selanjutnya buang airnya dan keluarkan tulang – tulang kaki tersebut ke tempat lain dan bersihkan panci besar tersebut dari bekas perebusan tadi.
· Selanjutnya kembalikan lagi tulangnya ke dalam panci dan isi kembali dengan air dingin sampai panci terisi air agak atau hamper penih namun pastikan jangan sampai air keluar saat mendidih, masak dengna api besar hingga mendidih lalu kurangi hingga api sedang. Selanjutnya tutup pancinya dan biarkan mendidih hingga kuahnya atau kaldunya menjadi berwarna keputihan yang membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam atau bahkan lebih lama lagi, atur apinya, gunakan api kecil selama perebusan ini dan dalam waktu 3 hingga 4 jam tersebut tambahkan air sebanyak satu atau dua kali agar semua potongan tulang dapat tertutupi air. setelah selesai agar kuah kaldu ini lebih ringan saat dimakan maka sebaiknya kita membuat lemaknya dengan cara membiarkan kuah dingin terlebih dahulu maka dibagian permukaan kuah kaldu akan ditemukan lemak yang mengeras dan anda dapat membuang atau menyingkirkan lemak – lemak tersebut dari kuah kaldunya. Potongan tulang dapat dikeluarkan dari kuah kaldu tersebut dan dapat digunakan lagi untuk membuat kuah kaldu yang baru dengan melakukan perebusan dengan air baru di panci lainnya (tulang ini dapat digunakan hingga 3 kali perebusan).
· Selanjutnya merebus daging sapi yang sebelumnya telah direndam. Gunakan api besar untuk merebus sampai dagingnya lunak (masak sekitar 2 jam). Setelah itu keluarkan dagingnya dan biarkan dingin lalu iris daging tipis dan sisihkan.
· Untuk penyajian Seolleongtang 설렁탕, pertama siapkan mangkok lalu masukkan nasi putih hangat secukupnya lalu letakkan pula bihun yang telah direbus di atasnya dan tambahkan pula irisan daging sapi yang telah dimasak tadi dan siramkan kuah kaldu yang telah dihangatkan terlebih dahulu ke dalam mangkok dan terakhir letakkan irisan daun bawang juga beri sedikit garam dan merica bubuk. Jangan lupa nikmati Seolleongtang 설렁탕 dengan irisan kimchi.
· Selamat mencoba chinggu, annyeong…^^ 
Sujebi
Previous
Next Post »