Pat Anggeum/Jeok Anggeum 적앙금 (Cara Membuat Pasta Kacang Merah)

Pat Anggeum/Jeok Anggeum 적앙금 (Cara Membuat Pasta Kacang Merah)-Dalam bahasa Inggris disebut red bean paste, kacang merah memang sangat popular di Asia terutama Korea, jepang dan Tiongkok, banyak sekali makanan khususnya jajanan dan juga makanan penutup yang dibuat dengan menggunakan kacang merah sebagai bahan utamanya. Bukan tanpa alasan penggunaan kacang merah ini, kacang merah sendiri diketahui memiliki vitamin yang cukup banyak dan tentunya vitamin – vitamin itu sangat dibutuhkan oleh tubuh, sehingga kacang merah sangatlah baik untuk dikonsumsi anak – anak. Kita dapat membuat berbagai makanan dengan menggunakan kacang merah ini. salah satunya pasta kacang merah, kita bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan makanan baik itu pelengkap roti atau snack lainnya. Kali ini aku mau kasih kamu bagaimana langkah – langkah pembuatan pasta kacang merah. 

Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat pasta kacang merah seperti berikut ini :
· Kacang merah sebanyak 4 gelas
· Gula pasir sebanyak 2 ½ gelas
· Garam sebanyak ½ sendok teh
· Air secukupnya 

Tahapan pembuatan pasta kacang merah atau Jeok Anggeum 적앙금 seperti di bawah ini :
· Pertama – tama cuci kacang merah kering dengan air dingin kemudian rendam kacang merah tersebut selama 3 jam. Setelah itu, buang air rendamannya dan pindahkan kacang merah tersebut ke dalam panci yang telah diberi air sebanyak 6 gelas, masak dengan api besar selama 5 menit lalu angkat dan buang air rebusannya selanjutnya ganti dengan air baru dan masak kembali dengan api besar sampai kacang merahnya matang dan melunak, tambahkan air jika airnya mulai berkurang. Proses ini memakan waktu 1 hingga 2 jam.
· Selanjutnya tiriskan kacang merah yang telah direbus tadi lalu pindahkan ke dalam blender dan tambahkan sedikit air agar kacang merah tersebut lebih mudah untuk dihancurkan tetapi jangan terlalu banyak airnya.
· Setelah kacang merah halus lalu pindahkan ke dalam panci kemudian tambahkan gula dan garam ke dalamnya dan masak sambil diaduk – aduk sampai semua bahan tercampur rata sampai sekitar 5 menit dengan api besar, ini ditandai dengan mulai mendidihnya pasta kacang merah tersebut setelah itu matikan apinya. Dengan begitu pasta kacang merah bisa dinikmati bersama roti atau isian roti, aneka minuman dan es atau yang lainnya.
· Jika tidak habis digunakan sekaligus, biarkan pasta kacang merah tersebut dingin lalu pindahkan ke dalam plastic atau kotak plastic bertutup rapat dan simpan di freezer.

Baca juga :
Previous
Next Post »