Sup Tauge Ala Korea : Soybean Sprout Guk 콩나물 국 Kongnamul Guk

Sup Tauge Ala Korea : Soybean Sprout Guk 콩나물 국 Kongnamul Guk-Masakan yang satu ini berupa masakan berkuah dengan bahan utama tauge. Masakan ini juga merupakan sup yang paling umum atau sering tersedia dan di makan sehari – hari hamper di semua rumah di Korea. Selain dikarenakan bahan yang dibutuhkan tidak banyak juga karena sangat mudah, sederhana dan cepat dalam proses pembuatannya. Kongnamul Guk ini biasanya dinikmati ketika sarapan di pagi hari karena orang Korea sama seperti kita orang Indonesia yang biasa mengkonsumsi nasi ketika sarapan dan makan besar lainnya. Orang – orang Korea cukup dikenal dengan budaya minum soju dan jenis alcohol lainnya sehingga untuk mengatasi sakit perutnya di pagi hari sup ini biasa disajikan. Kalau penasaran dengan rasa sup taugenya tidak ada salahnya dicoba suatu saat nanti. 

belajar makanan korea, belajar masakan korea, cara membuat Kongnamul Guk, korean soup, makanan korea, masakan korea, resep Kongnamul Guk, resep makanan korea, resep masakan korea, Soybean Sprout Guk

Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat sup tauge 콩나물 국 Kongnamul Guk seperti di bawah ini:
· Tauge sebanyak 2 genggaman tangan, buang yang berwarna hijaunya dan cuci bersih dengan air dingin
· Air sebanyak 4 gelas
· Teri kering sebanyak 7 ekor, buang kepala dan kotorannya
· Rumput laut sebanyak 2 lembar kecil
· Daun bawang sebanyak 1 batang, iris ukuran 1 cm
· Soy sauce untuk sup sebanyak ½ sendok makan
· Bawang putih cincang sebanyak 1 sendok makan
· Garam secukupnya
· Bubuk cabai sesuai selera 
belajar makanan korea, belajar masakan korea, cara membuat Kongnamul Guk, korean soup, makanan korea, masakan korea, resep Kongnamul Guk, resep makanan korea, resep masakan korea, Soybean Sprout Guk

Langkah – langkah pembuatan 콩나물 국 Kongnamul Guk seperti berikut ini :
· Siapkan panci kemudian isi dengan air lalu masukkan rumput laut dan juga teri keringnya lalu masak dengan api sedang dan panci ditutup. Setelah airnya mendidih kemudian buka tutupnya dan masak lagi selama 5 menit setelahnya keluarkan rumput lautnya juga terinya (jika tidak menginginkan aromanya terlalu kuat).
· Berikutnya masukkan bawang putih cincang, soy sauce, garam juga bubuk cabai ke dalam sup tersebut dan masak kembali selama sekitar 5 menitan. Selanjutnya masukkan irisan daun bawang dan biarkan masak selama 3 menit baru setelahnya api dimatikan. Dengan ini maka 콩나물 국 Kongnamul Guk siap untuk dinikmati dengan nasi putih hangat dan lauk pauk lainnya.
· Selamat mencoba chinggu ya…^^

Baca juga : 
Previous
Next Post »